Penanganan Banjir Lombok Barat, Personel SAR Polda NTB Evakuasi Warga

0
Personel Polda NTB mengevakuasi warga Perumahan Bhayangkara Residence, Gunungsari, Lombok Barat dengan perahu karet yang terdampak banjir Senin, 6 Desember 2021.(Suara NTB/Polda NTB)

Mataram (Suara NTB) – Hujan deras dan angin kencang mendera sebagian wilayah Mataram dan Lombok Barat Senin, 6 Desember 2021. Bencana hidrometeorologi menerpa sejumlah titik. Polda NTB mengerahan personelnya untuk perbantuan evakuasi dan penanganan pascabencana.

“Ratusan jumlahnya. Kita siapkan sebanyak mungkin untuk bantuan SAR,” ucap Karo Ops Polda NTB Kombes Pol Imam Thobroni yang mendampingi personelnya mengevakuasi korban banjir di Bhayangkara Residence, Gunungsari, Lombok Barat.

IKLAN

Personel siaga bencana ini bergabung dengan TNI, Basarnas, BPBD, Tagana, Satpol PP, serta perangkat penanganan bencana lainnya. Polda NTB turut mengerahkan peralatan bantuan evakuasi. Juga disiapkan sarana dan prasarana pascabencana.

Sejumlah personel ini terdiri dari Satbrimob, Ditsamapta, Ditpolair, Ditlantas, serta satuan fungsi operasional lainnya. “Kita kerahkan semuanya. Perahu karet dan peralatan evakuasi lainnya yang segera menjangkau masyarakat terdampak bencana yang memerlukan bantuan. Kita segera hadir,” terangnya.

Personel siaga bencana ini bergabung untuk penanganan banjir dan genangan air di Bhayangkara Residence, Gunungsari, Lombok Barat; Sesela, Lombok Barat; Senggigi, Lombok Barat; Batu Ringgit dan Kekalik, Sekarbela, Mataram.

Penanganan pascabencana pun disiapkan. “Kita dirikan posko bantuan termasuk dapur lapangan apabila diperlukan. Apabila nanti ada pengungsi kita siapkan penanganan semuanya,” jelas Imam.

Dia mengimbau warga untuk selalu waspada dengan kondisi cuaca. Kemudian selalu memantau informasi cuaca dari sumber yang valid. Selanjutnya menginformasikan pada kesempatan pertama untuk penanganan secepatnya.

“Segera informasikan apabila wilayahnya terdampak banjir, tanah, longsor atau bencana lainnya. Kita akan bantu secepat mungkin,” tutup Imam.

Polda NTB mengerahkan 30 personel SAR untuk membantu penanganan di Perumahan Bhayangkara Residence, dan 26 personel SAR di BTN Sesela Permai. Alat bantu penyelelamatan yang dikerahkan yakni satu unit mobil SAR, satu unir kendaraan dinas, empat unit truk angkut, dan mobil ambulans. (why)