Pena Gora, Inovasi OPD di Lobar Maksimalkan Pemasukan PAD

Kadispora Lobar, Maad Adnan (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) -OPD di Lombok Barat (Lobar) berusaha melakukan inovasi untuk memaksimalkan pendapatan asli daerah (PAD). Seperti yang dilakukan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lobar. Pada puncak HUT Lobar ke-63 akhir pekan lalu, salah satu inovasi Dispora adalah Pena Gora yang diluncurkan Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid. Pena Gora adalah pelayanan publik di GOR Mini. Untuk memudahkan masyarakat, pelayanan di GOR Mini sudah menggunakan sistem online.

Kepala Dispora Lobar, Maad Adnan mengatakan Pena Gora adalah pelayanan gelanggang olahraga. Sekaligus memiliki makna tersirat, di mana pena biasanya digunakan untuk menulis sehingga diharapkan bisa mengukir prestasi lebih baik. Pena Gora ini dihajatkan untuk memotong rantai birokrasi dan mempercepat pelayanan untuk pemakaian GOR. Karena diketahui bersama, GOR ini salah satu yang dimiliki Lobar sebagai wadah untuk memberdayakan, membudayakan dan mencetak prestasi olahraga. Karena itu masyarakat sangat berkepentingan untuk penggunaan GOR ini.

Iklan

Tidak hanya warga Lobar namun juga warga luar daerah tersebut. “Karena itu melalui Pena Gora masyarakat itu tidak perlu ke GOR untuk izin pemakaian. Cukup lewat HP melalui web yang sudah kami siapkan, nanti di situ akan keluar form yang diisi, email dari pengguna langsung real time terkirim,”jelas dia. Dikstakan, pelayanan di GOR berbasis online sehingga memudahkan warga khususnya para kaum milenial yang hobi olahraga.

Dengan dipermudahnya pelayanan melalui Pena Gora ini, ia optimis bisa meningkatkan PAD. “Sehingga kami yakin bisa mencapai PAD,”ujarnya. Selama pandemi, GOR tetap dipakai, namun tetap menggunakan protokol kesehatan. GOR ini lebih banyak digunakan untuk futsal, hampir ada setiap Minggu. Sedangkan untuk olahraga lain seperti bola voli jarang. Ia menambahkan, realisasi PAD di Dispora mencapai 27,5 persen dari target Rp35 juta. “Insya Allah mencapai target sampai akhir tahun,”jelas dia. (her)

Advertisementfiling laporan pajak ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional