Pemuda Enam Desa Lingkar The Mandalika Dilatih Mekanik

Pemuda lingkar kawasan The Mandalika dilatih mekanik sepeda motor oleh ITDC sejak 23 Juni.(Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Sebanyak sekitar 18 pemuda dari enam desa penyangga kawasan The Mandalika mendapat pelatihan mekanik sepeda motor dari PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola kawasan The Mandalika, berkerjasama dengan salah satu produsen sepeda motor terkemuka dunia dan Dinas Koperasi UKM Provinsi NTB.

‘’Pelatihan sudah dimulai sejak kemarin , 23 Juni 2021 hingga 30 Juni di Mataram,” sebut President Corporate Secretary ITDC, Miranti Nasti Rendranti, Kamis, 24 Juni 2021. Peserta pelatihan merupakan warga enam desa penyangga The Mandalika. Yakni Desa Mertak, Desa Rembitan, Desa Prabu, Desa Kuta, Desa Sukadana dan Desa Sengkol.

Iklan

Peserta sebelumnya telah menjalani tahapan seleksi ketat dari 37 pendaftar. Nantinya dengan bekal hasil pelatihan tersebut para pemuda bisa menjadi tenaga mekanik sepeda motor yang terampil dan profesional serta siap pakai. Bahkan dapat membuka usaha perbengkelan motor sendiri. Sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lainnya.

Instrukturnya pun tidak sembarangan, merupakan tenaga ahli di bidangnya dan memang sudah sangat berpengalaman di bidang mekanik sepeda motor. “Dalam program ini kita melibatkan Astra Motor NTB serta Dinas Koperasi UKM Provinsi NTB,” sebutnya.

Miranti menambahkan, pemberian pelatihan kepada para pemuda yang rata-rata lulusan SMA/SMK dan sederajat tersebut bertujuan untuk memberikan keterampilan yang nantinya bisa bermanfaat saat memasuki dunia kerja. Sekaligus sebagai bentuk implementasi dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Kementerian BUMN mengenai pendidikan yang berkualitas yang tertuang dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN 2021.

Yang bisa benar-benar menambah wawasan dan keterampilan para pemuda. Sehingga bisa tercipta sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan siap menjadi tenaga terampil sejalan dengan pengembangan kawasan The Mandalika yang akan menyajikan perhelatan event balap motor kelas dunia nantinya.

Usai mengikuti pelatihan sebanyak 12 peserta terbaik berkesempatan mengikuti kegiatan magang di lima dealer bengkel AHASS yang ada di Lombok Tengah (Loteng). Dengan begitu para peserta mampu mempraktikkan mengaplikasikan keterampilan yang diperoleh selama mengikuti pelatihan tersebut. (kir)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional