Pemprov Tak Larang Warga Mudik dalam Daerah

H. Zulkieflimansyah (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pemprov NTB tak melarang warga yang mudik ke dalam daerah, baik ke Pulau Sumbawa maupun Pulau Lombok. Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc., mengatakan kegiatan mudik lebaran 1442 H, bagi warga NTB yang mau ke Pulau Lombok atau Pulau Sumbawa tidak akan dilarang.

‘’Itu sudah biasa, ndak perlu diatur-atur,’’ kata Gubernur dikonfirmasi usai kunjungan kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati di Kantor Gubernur, Jumat, 16 April 2021.

Iklan

Gubernur mengatakan, jika mudik dalam daerah baik warga NTB yang akan ke Pulau Sumbawa atau Pulau Lombok diatur atau dilarang. Maka akan banyak masalah yang terjadi. ‘’Kalau diatur nanti banyak masalah. Biarkan mengalir saja,’’ ucapnya.

Sebelumnya, Pemerintah telah mengeluarkan Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 No. 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah selama 6 – 17 Mei 2021. Kebijakan ini untuk mencegah penularan virus Covid-19 yang dapat diakibatkan tingginya mobilitas masyarakat yang melakukan tradisi mudik lebaran.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Nasional, Prof. Wiku Adisasmito mengingatkan, masyarakat yang melakukan perjalan sebelum atau sesudah tanggal tersebut, tetap perlu menjunjung prinsip kehati-hatian. ‘’Karena virus ini dapat mengancam kita di mana saja dan kapan saja,” kata Wiku dalam keterangan yang diterima Suara NTB, Jumat, 16 April 2021.

Bagi pemerintah daerah diminta menegakkan aturan yang ditetapkan pemerintah dalam penanganan Covid-19 selama bulan suci Ramadhan dan perayaan Idul Fitri. Di mana sebelum tanggal 6 Mei, aturan yang berlaku ialah Surat Edaran Satgas Covid-19 No. 12 Tahun 2021. Aturan tersebut memuat tentang prasyarat yang harus dipenuhi para pelaku perjalanan dalam negeri sebelum tanggal 6 Mei 2021. (nas)

Advertisement ucapan idul fitri ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional