Pemprov Siapkan Lokasi Kawasan Industri Halal di Lobar dan Loteng

Hj. Nuryanti. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Pusat menyiapkan dua kawasan industri halal (KIH) di NTB. Pemprov NTB mengatakan lokasi yang telah disiapkan berada di Pulau Lombok.

“Lokasinya di Lobar dan Loteng,” kata Kepala Dinas Perindustrian (Disperin) NTB, Hj. Nuryanti, S.E., M.E., dikonfirmasi Suara NTB, Minggu, 26 September 2021.

Iklan

Untuk kawasan industri halal di Lobar, rencananya akan dibangun di Dusun Tempoal Desa Buwun Mas Sekotong. Sedangkan untuk kawasan industri halal di Loteng, rencananya di Tumpak. Dengan anggaran sebesar Rp500 miliar mulai tahun depan dalam  tiga tahap perencanaan.

Dengan adanya kawasan industri halal ini, akan menjadi peluang besar bagi pelaku industri yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Produk olahan pangan yang dihasilkan dari kawasan industri halal akan menjadi salah satu jaminan pasar bagi para wisatawan domestik dan mancanegara yang akan melakukan aktivitas di NTB.

Hal ini akan semakin memperkuat branding NTB sebagai salah satu wilayah di Indonesia yang mengembangkan  halal tourism dalam aktivitas wisatanya. Namun, kawasan industri halal bukan hanya untuk mengeluarkan produk olahan pangan.

Tetapi juga akan menjadi sebuah pilot project hulu – hilir sektor industri di NTB dengan konsep halal. Mulai dari proses bahan bakunya, proses produksinya, sampai hasil akhir produknya. (nas)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional