Pemprov Siapkan Lahan 10 Hektare untuk Pembangunan Politeknik Pertambangan

Zainal Abidin (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Pemprov NTB menyiapkan lahan seluas 10 hektare di Pulau Sumbawa sebagai lokasi pembangunan Politeknik Pertambangan. Akhir 2019 lalu, Kementerian ESDM telah merencanakan pembangunan Politeknik Pertambangan di NTB dalam rangka penyiapan tenaga kerja yang kompeten di bidang energi dan pertambangan.

Kepala Dinas ESDM NTB, Ir. Zainal Abidin, M. Si., yang dikonfirmasi Suara NTB, Jumat, 10 September 2021 mengatakan Pemprov masih menunggu petunjuk dari Kementerian ESDM terkait dengan rencana pembangunan Politeknik Pertambangan tersebut. Ia mengatakan akibat pandemi Covid-19 dalam dua terakhir, pembangunan Politeknik Pertambangan tersebut masih ditunggu.

Iklan

‘’Kita masih menunggu. Memang sasarannya untuk mencetak tenaga siap pakai di sektor pertambangan dan energi. Kita sudah menyiapkan apa yang dibutuhkan pusat termasuk tanah sudah kita siapkan 10 hektare,’’ kata Zainal.

Sejak adanya pandemi Covid-19, pembangunan Politeknik Pertambangan belum ada tindaklanjutnya. Menurutnya, keberadaan Politeknik Pertambangan tersebut bukan saja diharapkan NTB, tetapi juga provinsi lainnya di wilayah Indonesia Timur.

“Kita sangat berharap segera terwujud. Artinya, tenaga kerja kita di NTB harus kita siapkan. Tentunya dengan adanya keberadaan industri tambang yang ada di NTB. Jangan sampai nanti kita jadi penonton,” katanya.

Apalagi dengan adanya industri smelter di Sumbawa Barat dan tambang di Huu Dompu, akan membutuhkan banyak tenaga kerja yang kompeten di bidang tersebut. Sehingga, keberadaan Politeknik Pertambangan yang rencananya dibangun Kementerian ESDM di NTB sangat diharapkan segera terwujud. (nas)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional