Pemprov Siapkan Kuota 100 Warga KSB Kuliah ke Luar Negeri

Gubernur NTB,  H. Zulkieflimansyah (Suara NTB/bug)

Taliwang (Suara NTB) – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M.Sc menantang putra putri asal Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang ingin mengenyam pendidikan tinggi di luar negeri. Tantangan ini disampaikan gubernur saat menghadiri puncak peringatan hari lahir (Harlah) KSB ke-15.

Di hadapan bupati KSB, Dr. H. Ir. W. Musyafirin, gubernur bahkan berjanji menyiapkan 100 kuota khusus bagi mahasiswa KSB dalam program yang sudah dicananangkan provinsi NTB itu sejak kepemipinannya kini. “Siapkan pak bupati putra putrinya. Kami akan siapkan kurang lebih 100 kuota untuk KSB,” cetus gubernur.

Iklan

Gubernur menjelaskan, mulai tahun ini dan ke depan Pemprov NTB akan terus mengirimkan mahasiswa ke luar negeri untuk mengenyam pendidikan tinggi seluruh disiplin ilmu. Ia pun menargetkan program ini setiap tahun akan ada 1000-an mahasiswa yang disiapkan. “Ini program pemerintah provinsi. Dan akan lebih banyak lagi mahasiswa kita yang akan dikirim kuliah ke luar negeri,” katanya.

Menurutnya, mengirimkan putra putri NTB menuntut ilmu di negeri orang bukan berarti mutu pendidikan di dalam negeri rendah. Tetapi upaya ini dilakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak-anak muda NTB sehingga ke depan mereka memiliki daya saing. “Mutu pendidikan kita mungkin masih lebih baik dari negara lain. Tapi bukan itu kemudian kita kirim anak-anak kita ke luar negeri. Ini untuk menumbuhkan rasa percaya diri mereka,” ujarnya. (bug)