Pemprov NTB Ubah Strategi Promosi Pariwisata 2021

Lalu Hasbulwadi (Suara NTB/nas)

Pemprov NTB mengubah strategi promosi pariwisata 2021. Promosi pariwisata akan lebih banyak dilakukan untuk menggaet kunjungan wisatawan domestik.

Tahun 2021, Pemprov NTB menargetkan kunjungan 3 juta wisatawan domestik. Sedangkan wisatawan mancanegara sebanyak 1,4 juta orang. ‘’Dari 4,4 juta (target kunjungan wisatawan) itu, target 3 juta domestik dan 1,4 juta mancanegara,’’ sebut Sekretaris Dinas Pariwisata NTB, Lalu Hasbulwadi dikonfirmasi di Kantor Gubernur, Senin, 25 Januari 2021.

Iklan

Meskipun pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda mereda, diharapkan target tersebut dapat tercapai. Minimal terjadi peningkatan angka kunjungan wisatawan dibandingkan 2020 lalu.

Pihaknya mencatat, angka kunjungan wisatawan sepanjang 2020 sekitar 500 ribu orang, baik domestik dan mancanegara. Ia mengatakan, wisata alam dan bahari, termasuk wisata pendakian Gunung Rinjani masih menjadi incaran wisatawan domestik.

Untuk mengejar target tersebut, kata Hasbulwadi, maka keamanan dan kenyamanan wisatawan harus benar-benar dijamin. Sehingga, destinasi wisata NTB, hotel dan restoran harus benar-benar menerapkan standar cleanliness (kebersihan), helth (kesehatan), safety (keamanan), dan environment sustainability (kelestarian lingkungan) atau CHSE.

Ia mengatakan, baru sekitar 30 persen hotel dan restoran yang mendapatkan sertifikat CHSE. Sehingga, ditargetkan tahun ini, semua hotel dan restoran serta destinasi wisata harus mengantongi sertifikat CHSE, baru bisa dibuka. ‘’Dengan demikian wisatawan domestik mau datang ke NTB,’’ katanya.

Hasbulwadi mengatakan, daerah yang menjadi sasaran promosi untuk menarik kunjungan wisatawan domestik ke NTB adalah Bali dan Pulau Jawa. Di sisi yang lain, Hasbulwadi menyebutkan jumlah anggaran promosi pariwisata NTB tahun ini hanya sebesar Rp164 juta.

‘’Tapi bukan berarti dengan anggaran segitu kita tidak bisa berbuat. Justru dengan anggaran terbatas ini, kita melakukan koordinasi, komuniksi, memperluas networking,’’ tandasnya. (nas)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional