Pemprov NTB Segera Gelar Mutasi Pejabat

H. Lalu Gita Ariadi (Suara NTB/nas)

Pemprov NTB segera menggelar mutasi pejabat menyusul adanya perubahan nomenklatur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan puluhan pejabat struktural yang pensiun akhir Desember 2020. Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) tak memungkiri akan terjadi pergeseran pejabat struktural, baik eselon II, III dan IV.

“Ada pengukuhan dan ada juga pergeseran (pejabat). Itu konsekuensi,” kata Sekda NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si., dikonfirmasi di Kantor Gubernur, Senin, 4 Januari 2021.

Sejumlah perangkat daerah di bawah Sekretariat Daerah (Setda) NTB mengalami perubahan nomenklatur. Seperti Biro Kerjasama yang dihapus mulai 2021. Selanjutnya, bagian kerjasama akan masuk menjadi bagian di Biro Pemerintahan.

Kemudian, Biro Humas dan Protokol berubah menjadi Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setda NTB. Dengan perubahan nomenklatur tersebut, bagian pemberitaan sekarang masuk menjadi salah satu bagian di Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik).

Selain itu, Biro Bina Administrasi Pengendalian Pembangunan dan Layanan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (BAPP) dipecah menjadi dua. Yaitu, Biro Administrasi Pembangunan dan Biro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setda NTB.

“Nanti akan ada pengukuhan dan pelantikan sesuai dengan nomenklatur, struktur organisasi yang baru. Kita sedang mempersiapkan. Karena tidak hanya Setda, tetapi OPD-OPD lain juga,” tambah Sekda.

Mengenai OPD yang dihapus, seperti Biro Kerjasama, kata Ketua Baperjakat ini, sekarang masuk dalam masa transisi. “Tapi yang jelas, fungsi-fungsi pelayanan tetap dijalankan. Nanti, penyelesaian administrasinya ini yang segera akan kita lakukan,” terangnya.

Ditanya mengenai pelaksanaan mutasi, Gita mengatakan waktunya belum bisa diprediksi. Tetapi, ia mengatakan akan dilakukan dalam waktu dekat.

Sebelumnya, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB mencatat sebanyak 79 pejabat struktural eselon III dan IV memasuki usia pensiun per 31 Desember 2020. Untuk pengisian jabatan struktural yang akan lowong tersebut, sekitar 200 kandidat pejabat eselon III dan IV sudah antre.

Sebanyak 79 pejabat eselon III dan IV lingkup Pemprov NTB yang pensiun tahun 2020 tersebut dengan rincian 14 orang pejabat eselon III dan 65 pejabat eselon IV. (nas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here