Pemprov NTB Salurkan Bantuan Bibit Cabai dan Sayuran pada Kelompok P2KP

Dompu (Suara NTB) – Kelompok kawasan rumah pangan lestari dari kalangan ibu – ibu rumah tangga di lima desa mendapat bantuan program Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) dari Badan Ketahanan Pangan Provinsi NTB. Program yang dikerjasamakan dengan Tim Penggerak PKK ini diserahkan langsung oleh ibu wakil Ketua TP PKK NTB, Hj Siti Syamsiah M Amin berupa bibit cabai. Program ini diharapkan bisa membantu ibu rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari.

Istri Wakil Gubernur NTB, Hj Siti Syamsiah M. Amin mewakili Ketua PKK Provinsi dalam sambutannya mengungkapkan, bantuan bibit ini merupakan program pemerintah pusat yang diberikan kepada 34 provinsi di Indonesia. Lonjakan harga cabai saat ini tidak hanya pemasalahan masyarakat lokal, melainkan telah menasional. “Bibit cabai ini kita bagi pada satu keluarga kalau tidak salah ada 5 pohon. Kalau cara penanamanya bagus. Insya Allah satu pohon bisa menghasilkan 1 Kg cabai,” jelasnya pada acara HGK PKK di Kantor Camat Dompu, Selasa, 21 Februari 2017.

Iklan

Di samping hasil panen cabai ini bisa dikonsumsi secara pribadi, juga sangat memungkinkan untuk menambah hasil perekonomian keluarga. Sebab dengan hasil panen masing-masing 1 Kg per pohon, masyarakat akan memperoleh tambahan penghasilan hingga Rp.250 ribu untuk lima pohonnya. Selain penanaman cabai, kelompok ibu rumah tangga ini bisa memanfaatkan program “Tancabgas” (tanam cabai dan pelihara) hatinya PKK.

“Insya Allah kalau pemanfaatan pekarangan itu dari jaman orang tua dulu sudah ada, sekarang kita mengajak masyarakat Desa untuk mau memanfaatkan pekarangan rumahnya,” ujarnya.

Usai penyerahan secara simbolis oleh wakil Ketua TP PKK Provinsi kepada Ida Laila dari kelompok wanita Desa Sorisakolo Dompu, lima kelompok wanita penerima bantuan se Kabupaten Dompu mendapatkan pelatihan penanaman cabai dan sayuran dari Badan Ketahanan Pangan Provinsi di gedung PKK Dompu.

Kepala Bidang Konsumsi Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Dompu, Muhammad Fagih, S.Pt

Kepala Bidang Konsumsi Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Dompu, Muhammad Fagih, S.Pt di sela – sela kegiatan mengatakan, tahun 2017 ini ada lima kelompok yang menerima bantuan kawasan rumah pangan mandiri program percepatan penganekaragaman konsumsi pangan di Kabupaten Dompu dari dana dekon Badan Ketahanan Pangan Provinsi NTB. Yaitu kelompok wanita Desa Wawonduru, Dorebara, Kareke, Oo, dan kelompok wanita Desa Sorisakolo.

Masing – masing kelompok anggotanya 25 orang, sehingga untuk lima kelompok ada 125 orang anggotanya. “Selain bantuan bibit cabai, mereka juga mendapat bantuan bibit sayur – sayuran,” katanya.

Masing – masing kelompok juga mendapat bantuan dana Rp 15 juta per kelompok untuk mengembangkan tanaman sayur dan bisa juga diintegrasikan dengan unggas. Anggaran ini langsung disalurkan ke rekening kelompok dari dana pusat. “Masing – masing kelompok ini akan ada tim pendamping Desa dari penyuluh, 1 orang penyuluh per kelompok,” jelasnya.

Penyuluh inilah yang akan melakukan pendampingan terhadap kelompok. Karena program ini bukan dimaksudkan untuk 1 – 2 pekan, tapi diharapkan berkelanjutan dengan memanfaatkan pekarangan rumah dan diikuti oleh warga lainnya.

“Di setiap Desa nanti akan ada kebun bibit. Dari kebun bibit ini baru dibagikan kepada masing – masing anggota kelompok untuk ditanam di pekarangan rumahnya,” terangnya.

Selain program dari dana dekon Pemerintah Provinsi, Fagih juga mengungkapkan, dari dana APBD Kabupaten Dompu juga ada tahun 2017 ini. Jumlah kelompok penerimanya sebanyak 15 kelompok. Namun belum direalisasikan dengan target yang sama agar bisa memanfaatkan pekarangan rumah sebagai sumber pangan lestari dengan ditanami sayur – sayuran serta apotik hidup.

“Ini bagian dari upaya percepatan penganekaragaman konsumsi pangan,” katanya. (jun/ula/*)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional