Pemprov NTB Optimis Raih Predikat A Dalam Evaluasi SAKIP 2021

H.L.Gita Ariadi (Suara NTB/ist)

PEMPROV NTB mengaku optimis mendapatkan nilai A dalam evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2021. Tahun lalu, Pemprov NTB memperoleh nilai B dari Kemen PANRB.

‘’Mudah-mudahan evaluasi ini, kita ingin mendapatkan skor A. Kemarin dapat B, mudah-mudahan ada lompatan mendapat A, mimimal BB,’’ ujar Sekda NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M. Si., dikonfirmasi usai evaluasi SAKIP oleh Kemen PANRB secara virtual di Kantor Gubernur, Senin, 6 September 2021.

Iklan

Untuk mendapatkan hasil terbaik, kata Sekda, Pemprov telah mendatangkan tim evaluasi dari Kemen PANRB sebanyak tiga sampai empat kali. Kemudian Pemprov juga memperlihatkan kinerja ASN, bukan saja dalam bentuk dokumen.

‘’Tetapi juga fakta-fakta kita lakukan di tengah situasi Covid-19. Kita yakinkan ASN tetap menunjukkan kinerja terbaiknya,’’ kata Gita.

Meskipun ASN bekerja dari rumah atau work from home (WFH) dan anggaran terus dilakukan refocusing. Di tengah keterbatasan tersebut, kata Sekda, ASN tetap menunjukkan kinerja untuk mencapai target-target yang sudah ditentukan serta mengatasi situasi terkini di lapangan menghadapi kedaruratan Covid-19.

Misalnya, ASN Pemprov menjadi pelopor dalam gerakan bela beli produk lokal. Di mana, tambahan penghasil pegawai (TPP) ASN Pemprov NTB disisihkan untuk membeli beras lokal dengan memberdayakan UMKM lokal. ‘’Kita sudah berikhtiar semua,’’ tandasnya.

Dari 103 indikator kinerja daerah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),  capaian tahun 2021 baru 11,65 persen dan indikator utama baru tercapai 13,51 persen.

Ikhtiar Pemprov NTB untuk menjadi daerah yang bersih dan melayani  dibuktikan dengan pengelolaan aset melalui Sistem Informasi Aset Pemerintah Provinsi (SIAP). Komitmen dan harmonisasi eksekutif dan legislatif dalam penetapan APBD dan pertanggungjawaban APBD secara tepat waktu. Pengelolaan Keuangan Menuju NTB online melalui pengembangan sistem pengelolaan keuangan berbasis IT dengan integrasi E-Planning, E-Budgeting (SIMDA Keuangan dan Barang), E-Samsat, E-Procurement dan SMS Gateway. Sistem Pengendalian Intern yang memadai menuju NTB Zero Temuan dan Penandatangan pakta integritas Kepala OPD beserta seluruh ASN. Portal e-government lainnya adalah NTB Satu Data, PPID NTB dan masing-masing OPD, aplikasi E-SAKIP dan aplikasi NTB Care dan inovasi lainnya. (nas)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional