Pemprov Berencana Bangun Museum Bahari

Mataram (suarantb.com) – Rencana kedatangan ribuan angkatan laut dari seluruh dunia dalam agenda Komodo Exercise 2018 merupakan momen penting. Berkaitan dengan itu, Pemprov NTB berencana membangun museum bahari. Pembangunan ini rencananya berlokasi di Ampenan.

“Dengan adanya kegiatan Komodo Exercise ini jadi iramanya bisa kita hidupkan. Ada kantor eks bea cukai di Ampenan yang masuk salah satu aset pemprov. Mungkin itu bisa digunakan,” ujar Sekda NTB, H. Rosiady Sayuti, Kamis, 4 Mei 2017.

Iklan

Sebelum pembangunan dilakukan, Rosiady mengatakan perlu ada kajian terlebih dulu. Kajian harus melibatkan para ahli termasuk dari angkatan laut. “Nanti kita bisa kerja sama. Mungkin nanti bangunannya dari pemprov, isinya dari angkatan laut,” katanya.

Museum bahari seperti apa yang hendak dibangun, Rosiady menjelaskan seperti yang pernah dikunjunginya. Museum yang berisi peralatan teknologi kemaritiman termasuk juga foto-foto sejarah yang berkaitan dengan kelautan.

“Mungkin ada juga diorama Nenek Moyangku Seorang Pelaut. Kita punya pahlawan-pahlawan yang berjasa di bidang kemaritiman, bagian dari isinya itu,” imbuhnya.

Pada intinya bangunan permanen ini nantinya dihajatkan untuk pameran teknologi yang berkaitan dengan kelautan. Mengenai jumlah anggaran dan persiapan yang dibutuhkan untuk mewujudkan bangunan ini, Rosiady menyatakan masih akan dikaji.

“Nanti akan kita kaji bersama-sama dengan tim angkatan laut,” ucapnya. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here