Pemkot Usulkan 177 Formasi CPNS

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram dalam hal ini Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia mengusulkan 177 formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) ke Kementerian Aparatur Sipil dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB).

Kepala BKPSDM Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati melalui Sekretaris BKPSDM, Taufik Priyono menjelaskan, kebutuhan pegawai di Kota Mataram 6.235. Sementara, formasi yang ada atau stok pegawai 5.470. Artinya, terjadi kekurangan pegawai 855 orang.

Iklan

Pemenuhan kebutuhan akan dilaksanakan secara bertahap sesuai proyek kebutuhan selama lima tahun.

Untuk tahap awal pelaksanaan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS), Pemerintah Pusat hanya menyiapkan formasi untuk tiga jabatan. Yaitu, guru, tenaga medis dan tenaga teknis infrastruktur. “Besok (hari ini,red) akan ada pertemuan se – nasional. Nanti di sana akan dijelaskan,” kata Yoyok sapaan akrabnya, Kamis (4/5).

Dia merincikan, dari 177 usulan sebanyak 98 orang tenaga guru, 65 orang tim kesehatan dan 14 orang tenaga teknis infrastruktur. Jumlah itu kata Yoyok, memang tidak ideal. Sebab, kekurangan guru kelas sebanyak 363 orang, guru mata pelajaran 15 orang, tenaga kesehatan 185 dan tenaga teknis 292.

Tetapi, usulan ini disesuaikan dengan kemampuan anggaran pendapatan belanja negara (APBN). “Makanya kebutuhan ini diproyeksi selama 5 tahun,” terangnya.

Oleh karena itu, dari 855 kekurangan CPNS akan diusulkan sifatnya skala prioritas. Dan, usulan ini langsung ke KemenpanRB. Belum tentu juga, Pemerintah menyetujui dari jumlah yang diusulkan.

Dengan jumlah pegawai saat ini memang tidak proporsional. Pihaknya menghitung berdasarkan beban kerja pegawai. Sebagai salah satu contoh, satu pegawai dapat menangani dua sampai tiga jenis pekerjaan.

Setelah menerima surat dari KemenpanRB, kemungkinan tahun ini akan ada pembukaan CPNS. Mengenai waktunya akan disesuaikan dan disampaikan ke masing – masing daerah. (cem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here