Pemkot Siapkan Rp7 Miliar untuk Biayai PPKM

H. Effendi Eko Saswito. (Suara NTB/bay)

Mataram (Suara NTB) – Pemkot  Mataram menyiapkan anggaran belanja tidak terduga (BTT) sebesar Rp7 miliar untuk penanganan pandemi. Anggaran tersebut diharapkan bisa mencukupi program-program penanganan, terutama selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) diwajibkan terlaksana di Kota Mataram.

“Kita punya dana BTT, khusus kaitanya dengan kegiatan dalam rangka PPKM dan kebutuhan mendesak lainnya, sekitar Rp7 miliar bisa dipakai untuk itu,” ujar Sekda Kota Mataram, H. Effendi Eko Saswito, Rabu, 28 Juli 2021.

Iklan

Beberapa program penanganan yang dibiayai melalui BTT dicontohkan seperti pembiayaan isolasi terpadu yang saat ini dilakukan di dua hotel di Kota Mataram. Termasuk beberapa program lain yang dicanangkan oleh masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD), kaitannya dengan penanganan pandemi.

“Sepanjang itu dibutuhkan, kita akan biayai. Tapi ini sangat tergantung dari pengajuan OPD terkait. Kalau di OPD-nya ada anggaran yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan dalam rangka PPKM, bisa mengajukan untuk anggaran BTT itu,” jelas Sekda.

Di sisi lain, pihaknya tetap memantau progres pembiayaan program-program pemerintah lainnya di luar penanganan pandemi Covid-19. Di mana dalam pembiayaan program tersebut dikedepankan skala prioritas untuk memaksimalkan anggaran yang tersedia.

“Semuanya pasti akan kita biayai melalui APBD perubahan. Kita memang harus menyesuaikan juga dengan keadaan fiskal,” ujarnya. Beberapa program yang sedang berjalan dicontohkan seperti pembangunan rusunawa di Kelurahan Bintaro, Ampenan. “Yang itu sudah berjalan, karena memang sudah kita gunakan lahannya. Belum lagi yang lain-lain, tapi ini tergantung kebijakan kepala daerah, mana yang menjadi prioritas,” tandas Sekda. (bay)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional