Pemkot Rekrut Warga untuk Penataan Kelurahan

H. M. Kemal Islam. (Suara NTB/bay)

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram menyiapkan penataan 16 kelurahan rawan kumuh dengan pola padat karya. Hal tersebut ditujukan untuk tetap membantu perekonomian masyarakat dengan memberdayaan warga sekitar masing-masing kelurahan untuk membantu penataan.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Mataram, H. M. Kemal Islam, menyebut pola tersebut dipilih karena dampak pandemi corona virus disease (Covid-19) masih dirasakan oleh masyarakat. Penataan kelurahan rawan kumuh sendiri akan dilakuan paling lambat menggu ketiga Maret 2021 sehingga program dapat dijalankan pada April atau menjelang bulan puasa.

Iklan

“Jadi selain kita mencegah bertambahnya kelurahan kumuh, inti dari kegiatan ini juga kita ingin membantu menyiapkan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar yang masih terdampak covid,” ujar Kemal pekan lalu. Dengan asumsi tersebut, pihaknya akan menjadikan warga yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) atau dirumahkan karena pandemi Covid-19 sebagai prioritas. “Mereka akan kita berdayakan dan tetap digaji. Per harinya sekitar Rp110-115 ribu untuk membantu penataan itu,” jelasnya.

Diterangkan, beberapa kelurahan yang masuk dalam daftar rawan kumuh antara lain Kelurahan Monjok, Pagutan Timur, Pagesangan Barat, Pagesangan Timur, Pagutan, Pagutan Barat, Ampenan Utara, dan Karang Pule. Masing-masing wilayah tersebut akan dibenahi dengan anggaran dari Kementerian PUPR sebesar Rp300 juta per kelurahan. “Dengan Rp300 juta itu kita akan intervensi semuanya. Pemeliharaan fasilitas umum yang sudah terbangun; misalnya jalan, pemeliharaan saluran dan drainase, dan lain-lain,” ujar Kemal.

Menurutnya, program tersebut pada dasarnya bersifat pencegahan bagi kelurahan rawan kumuh. Dengan demikian, pihaknya juga menyiapkan program penataan kawasan kumuh yang masih tersisa di Mataram. “Kalau untuk kawasan kumuh beda lagi; 2021 ini kita dapat alokasi anggaran Rp10 miliar untuk 5 kelurahan. Sumber anggarannya sama dari Kementerian PUPR,” jelasnya. (bay)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional