Pemkot Percepat Kepemilikan Dokumen Kependudukan Anak

H. Amran M. Amin. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram akan menjalin kerjasama dengan rumah sakit dan klinik bersalin untuk mempercepat kepemilikan dokumen kependudukan anak.

Rumah sakit dan klinik itu yakni, Rumah Sakit Ibu dan Anak Permata Hari di Jalan Majapahit, Rumah Sakit Siloam, Rumah Sakit Risa Sentra Medika Cakranegara, Rumah Sakit ST. Antonius di Ampenan, Rumah Bersalin Exonero di Jalan Pemuda, Kelurahan Dasan Agung, Rumah Sakit Ibu dan Anak Tresna, Rumah Sakit Metro Medika dan TPPKK Kota Mataram.

Iklan

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Mataram, H. Amran M. Amin menjelaskan, kerjasama dengan rumah sakit dan TPPKK Kota Mataram untuk memacu kepemilikan dokumen kependudukan khusus bagi anak. Anak baru dilahirkan secara otomatis akan mendapatkan kartu identitas anak, akta kelahiran serta kartu keluarga. “Jadi nanti dari kerjasama itu langsung tiga dokumen didapatkan anak itu,” jelas Amran ditemui, Senin, 4 Oktober 2021.

Penerbitan tiga dokumen tersebut bukan berarti capaian KIA di Kota Mataram rendah. Justru, capaian penerbitan akta kelahiran dan KIA telah melampui 100 persen lebih. Amran mengaku, pihaknya hanya mengantisipasi menyusul telah diterbitkannya Perpres Nomor 83 Tahun 2021 tentang pencantuman dan pemanfaatan nomor induk kependudukan (NIK) untuk pelayanan publik.

Karena itu, ia tidak menginginkan tidak adanya NIK justru menghambat masyarakat mendapatkan pelayanan publik lainnya. “Jangan sampai masyarakat tersendat dengan aturan itu,” harapnya.

Penandatanganan kerjasama yang diagendakan pada Rabu, 6 Oktober 2021 besok, tujuannya adalah kemudahan serta mempercepat pelayanan masyarakat. Dijelaskan, sistem penerbitan tiga dokumen kependudukan bagi anak dengan berkoordinasi rumah sakit. Rumah sakit akan meminta orangtua melampirkan persyaratan untuk segera diproses. “Kalau persyaratannya lengkap, sehari jadi. Prinsip pelayanan kita adalah sehari pasti jadi,” ucapnya seraya menambahkan, percepatan capaian KIA juga mendukung Mataram menuju Kota Layak Anak. (cem)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional