Pemkot Mataram Siapkan SOP Penanganan Bencana

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram membuat standar operasional prosedur (SOP) untuk penanganan dan antisipasi bencana.

Asisten I Setda Kota Mataram, Lalu Martawang, Senin, 4 Desember 2017 menjelaskan, penanganan bencana telah ada SOP dari Pemerintah Pusat. Namun demikian, di Mataram ingin memfokuskan mengantisipasi kondisi berpotensi menimbulkan bencana di kota.

Iklan

Dikatakan, langkah persiapan, dengan menggelar rapat koordinasi melibatkan stakeholder dan mempertegas komitmen mengoptimalisasikan fungsi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sebagai command center. Dan, mempertegas peran BPBD sebagai pusat posko penanggulangan bencana.

“Jika eskalasi meningkat, kita akan membangun posko tambahan di pendopo,” kata Martawang. Rapat dihadiri oleh BPBD, Dinas PUPR, Dinas Perkim, DLH, Sat. Pol PP, Kesbang, Dinas Sosial dan camat se – Kota Mataram, menyepakati beberapa hal.

Di antaranya, Dinas Perkim akan melakukan perampingan pohon karena biasa jelang Imlek terjadi angin kencang sehingga bisa diminimalkan kerawanan pohon tumbang. Kedua, mengkroscek peralatan di BPBD, PUPR, Perkim, Sat Pol PP, Kesbangpol bahwa peralatan kerja dipastikan berada pada posisi siap. Termasuk kesiapsiagaan RSUD dan Dikes jika ada rujukan sifatnya evakuasi

“Kontak person dipasang di kelurahan supaya mudah mengevakuasi korban bencana,” tandasnya. Selain persiapan peralatan, kepastian ketersedian logistik pasca bencana juga harus siap. Terkait SOP berbeda seperti dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat, pemkot Mataram ingin membangun sistem yang lebih detail, sehingga alur kerja tim lebih jelas dalam penanggulangan bencana.

Kata Martawang, SOP di masing – masing SKPD berbeda – beda dan mereka mengoptimalisasikan kesiapsiagaan peralatan dan lain sebagainya. Supaya tidak ada kesan saling menunggu. “Kita ini membangun peran masing – masing SKPD,” ujarnya.

Kerawanan bencana seperti angin kencang perlu diantisipasi sedini mungkin. Pemilik advertising diminta mengkroscek kondisi bando atau baliho mereka, supaya memastikan aman dan meminimalisir bencana. (cem)