Pemkot Mataram Laksanakan “Assessment” Terbuka

Mataram (suarantb.com) – Pemkot Mataram mulai melakukan pengujian dan penilaian atau assessment pejabat sebelum mutasi besar dilaksanakan akhir tahun ini. Sebelum assessment dilaksanakan pada 12-14 Oktober 2016, pejabat eselon II, III, dan IV Kota Mataram diberikan pengarahan langsung oleh Wakil Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana, Senin pagi, 10 Oktober 2016.

Mohan menyampaikan, assessment akan dilaksanakan secara terbuka agar masyarakat bisa ikut menilai. Hal ini sesuai PP Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah yang mengharuskan diadakannya assessment terbuka.

Iklan

Melalui assessment yang dilaksanakan terbuka, penilaian terhadap kualitas dan kapabilitas pejabat bisa komprehensif menyangkut aspek kualitas, integritas, moralitas hingga rekam jejaknya. Masyarakat juga diberikan kesempatan memberikan penilaian terhadap pejabat terkait sehingga dapat lebih terpercaya mengemban amanah jabatan yang akan didudukinya.

“Tantangan kita berikutnya semakin berat, ekspektasi masyarakat semakin tinggi terhadap performa kita sebagai aparatur sipil negara,” jelasnya.

Sebab itulah, penilaian ASN harus memenuhi standar kualifikasi. Dari semua aspek inilah, tim assessor dapat mempertimbangkan nilai pejabat. Penempatan akan disesuaikan kemudian berdasarkan hasil assessment dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru.

Mohan juga menyampaikan kemungkinan ada pejabat yang digeser, bahkan turun jabatan jika dinilai kurang mampu menjalankan tugas sebelumnya. Hal ini juga berkaitan dengan perubahan OPD.

“Harus dimaklumi, ini kebutuhan organisasi yang memang dari awal memaksa kita untuk melakukan sesuai dengan kebutuhan organisasi,” terangnya.

Sebanyak 235 pejabat akan mengikuti assesment. Dari jumlah 235 pejabat tersebut, sebanyak 32 orang dari pimpinan tinggi pratama yang setara dengan eselon II, 142 orang dari pejabat administrator setara eselon III, dan 61 orang pejabat pengawas setara eselon IV yang dalam tahap ini terdiri dari camat, lurah dan kepala puskesmas. (rdi)