Pemkot Mataram akan Pasang Megatron Informasi Pemerintahan

Mataram (suarantb.com) – Selain pemasangan kursi-kursi di area publik oleh Dinas Pertamanan Kota Mataram, Pemkot Mataram akan memasang megatron untuk kepentingan informasi pemerintahan. Megatron ini direncanakan akan dipasang di area Taman Sangkareang didanai oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Kepala Dinas Pertamanan Kota Mataram, H. M. Kemal Islam mengatakan, megatron yang akan dipasang tersebut bersifat non komersil. Megatron tersebut hanya dipergunakan untuk kepentingan informasi mengenai pemerintahan serta kegiatan-kegiatan pembangunan Kota Mataram kepada masyarakat. Pemasangan akan dilakukan di awal tahun 2017.

Iklan

“Setiap SKPD yang mempunyai program-program penyuluhan bisa diinformasikan di sana,” terangnya.

Sementara untuk pengawasan dan pemeliharaan megatron tersebut akan dilimpahkan kepada SPKD terkait sesuai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru. Pemasangan megatron baru akan diujicoba di satu titik di Kota Mataram, yaitu Taman Sangkareang. Pertimbangan pemasangan di Taman Sangkareang ini dinilai cukup strategis, dilihat dari banyaknya pengunjung taman yang menjadi sasaran informasi, serta aspek keamanan megatron sendiri.

“Karena ini kan butuh pengamanan ekstra, namanya alat canggih seperti ini rentan sekali terhadap gangguan,” ujarnya.

Sementara ini, Dinas Pertamanan bersama Pemkot Mataram masih mengadakan kesepakatan mengenai perawatan megatron ini. Terkait dengan tanggung jawab keamanan serta kebutuhan listrik. Daya listrik yang dibutuhkan untuk satu megatron yang akan dipasang tersebut sekitar 7 ribu watt. Dinas Pertamanan Kota Mataram pun masih memeriksa komponen ketersediaan listrik di Taman Sangkareang untuk kesiapan pemasangan megatron ini.

“Kalau tidak ada, nanti Pemkot Mataram sendiri yang akan siapkan kebutuhan listriknya,” jelasnya. (rdi)