Pemkot Inventarisir Jalur Bebas Pohon Tumbang

Irwansyah. (Suara NTB/jun)

Mataram (Suara NTB) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram, belum bisa menetapkan jalur alternatif yang bebas dari pohon tumbang. DLH masih melakukan inventarisir, termasuk survei tingkat penggunaan jalur oleh masyarakat. Targetnya, penetapan jalur tersebut segera dituntaskan.

Sekretaris DLH Mataram, Irwansyah dikonfirmasi Suara NTB menjelaskan, saat ini pihaknya masih fokus melakukan perantingan terhadap pohon-pohon yang berpotensi tumbang dan menimpa pengguna jalan di tengah curah hujan ekstrem saat ini.

Iklan

Sementara menyangkut rencana penetapan jalur bebas pohon tumbang, pihaknya dalam proses inventarisir. “Kalau ditetapkan belum, sekarang masih proses inventarisir,” ungkapnya.

Inventarisir pohon pada sejumlah jalur yang biasa dilalui masyarakat, menurutnya penting dilakukan sebelum menetapkannya sebagai jalan alternatif saat turun hujan yang disertai angin kencang.

Karena dengan cara itu, DLH bisa memastikan bahwa jalur tersebut betul-betul aman dan bebas dari pohon tumbang. “Harus dicek dulu, tidak bisa langsung begitu saja kita tetapkan,” ujarnya.

Selain memastikan tingkat kekuatan akar pohon, intensitas pemanfaatan jalan oleh masyarakat akan menjadi salah satu bahan pertimbangan DLH dalam menetapkan jalur bebas pohon tumbang di Mataram.

Targetnya, proses tersebut secepatnya tuntas agar masyarakat bisa merasa aman melintas, pun tidak ada lagi insiden pengguna jalan yang tertimpa pohon tumbang. “Target waktu, Insya Allah secepatnya kita tuntaskan,” pungkasnya. (jun)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional