Pemkot Bima Siapkan Rp 20 Miliar Beli Lahan Relokasi

Kota Bima (Suara NTB) – Pemkot Bima akan menyiapkan anggaran Rp 20 miliar untuk membeli lahan yang akan dijadikan lokasi pembangunan pemukiman warga yang direlokasi.

Plt Sekda Kota Bima, Drs. Mukhtar Landa mengatakan, pemerintah pusat sudah menyiapkan anggaran untuk membantu pembangunan rumah warga yang direlokasi. Namun Pemkot hingga saat ini belum memiliki lahan.

Iklan

“Untuk mendapatkan lahan itu Pemkot harus membelinya. Dan kita siapkan Rp 20 miliar dan kita usulkan dalam APBD perubahan,” katanya kepada Suara NTB,  Sabtu.

Menurut Sekda, anggaran Rp 20 miliar itu awalnya untuk pembuatan sayap kantor Walikota. Hanya saja, Walikota mengusulkan agar dicoret dan lebih baik diarahkan untuk kepentingan masyarakat, yakni untuk keperluan membeli lahan relokasi.

Saat ini lokasi yang akan dijadikan relokasi, terbagi tiga wilayah. Antara lain pada bagian utara di Temba T. Wilayah selatan Sambinae serta wilayah timur di Ndano Nae dan Nitu.

“Pembagiannya merata dan dekat. Jangan sampai warga yang berada di wilayah barat ditempatkan di timur, begitu juga sebaliknya, karena proses relokasi warga itu berat,” katanya.

Dia menambahkan, warga yang akan direlokasi nanti adalah warga yang berada bantaran sungai. Yang lahannya dijadikan lokasi pelebaran sungai. Serta warga yang rumahnya rusak berat dan hanyut dibawa banjir.

“Kapan relokasinya, yang jelas semakin cepat kita siapkan lahan cepat pula relokasinya. Tapi yang jelas jumlahnya sudah terdata semua,” pungkas Sekda. (uki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here