Pemkot Bima Keluarkan Maklumat Soal Salat Jumat dan Tarawih di Masjid

H. Abdul Malik. (Suara NTB/ist)

Kota Bima (Suara NTB) – Pemerintah Kota (Pemkot) Bima meniadakan untuk sementara salat Jumat dan tarawih berjemaah di masjid. Warga diminta untuk melaksanakan ibadah di rumah masing-masing.

Ditiadakan tersebut menindaklanjuti Surat Edaran (SE) dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agama (Kemenag) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang diteruskan ke Pemprov dan Pemerintah Daerah.

Iklan

Juru bicara Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kota Bima, H. Abdul Malik, SP, M.AP, mengatakan memasuki bulan puasa, warga diminta untuk tetap menjalankan salat tarawih di rumah. “Selain salat Jumat, di Kota Bima untuk sementara kita tiadakan salat tarawih di mesjid,” katanya.

Dalam menindaklanjuti hal itu, bahkan Pemkot bersama FKPD, tokoh agama, MUI dan sejumlah Ormas islam di Kota Bima telah melakukan rapat koordinasi terkait hal tersebut. “Tadi sudah dirapatkan dan dibahas juga dengan pihak-pihak terkait, tetap disepakati salat Jumat dan tarawih sementara waktu di rumah saja,” katanya.

Agar tidak disalahpahami warga, Pemkot bersama pihak-pihak terkait, akan terus memberikan pemahaman dan memperkuat surat edaran Kemenag dan MUI tersebut. “Pemkot Bima melalui Bagian Kesra bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas dan tokoh agama dan masyarakat akan melakukan sosialisasi secara bertahap,” katanya.

Ia menegaskan, ditiadakannya salat Jumat dan tarawih di mesjid untuk mencegah dan mengantisipasi penularan covid-19. Ia meminta warga untuk memaklumi kondisi di tengah pandemi Covid-19. “Ini kondisi sangat emergency, perlu langkah-langkah strategis untuk mencegah penularan Covid-19,” katanya.

Selain itu, Malik menambahkan selama bulan puasa, pasar Ramadhan yang dibuka setiap tahun di Kota Bima juga ditiadakan. Namun kedepan ada langkah strategis dari OPD teknis terkait. “Pasar Ramadhan tahun ini juga ditiadakan. Tapi kemungkinan ada upaya dari Dinas teknis agar warga tetap melakukan aktivitas jual beli menu berbuka puasa,” pungkasnya. (uki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here