Pemkot Bima Bangun Laboraturium Tes PCR

Zulkarnain (Suara NTB/Jun)

Bima (Suara NTB) – Pemerintah Kota (Pemkot) Bima, akan membangun laboraturium Polymerase Chain Reaction atau PCR di tahun 2021. Langkah itu diambil untuk percepatan pelayanan dalam penanganan Corona Virus Disease (Covid-19).

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Labkesda Kota Bima, Zulkarnain dikonfirmasi Suara NTB membenarkan adanya rencana pembangunan laboraturium tersebut. Berdasarkan hasil koordinasi terakhir dengan PPK, saat ini masih dalam proses tender. “Sekarang dalam proses tender, tapi tahun ini sudah pasti jadi,” ungkapnya.

Iklan

Pengujian sampel swab pasien yang terindikasi terpapar Covid-19, selama ini memanfaatkan Laboraturium Teknopark Sumbawa. Bahkan terkadang dikirim ke Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) NTB.

Jarak tempuh yang cukup jauh serta bayaknya sampel kiriman daerah lain, memaksanya harus menunggu lama sehingga membuat upaya pengendalian Covid-19 menjadi sedikit lambat.

Untuk itu, pembangunan laboraturium tes PCR penting dalam rangka percepatan pelayanan di daerah. “Selain bangunan itu nanti akan dilengkapi langsung peralatan. Kalau selesai tahun ini, Insya Allah tahun depan sudah bisa berjalan,” ujarnya.

Laboraturium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Bima, tegas Zulkarnain, baru dilengkapi beberapa fasilitas penunjang berkenanaan dengan penanganan Covid-19. Di antaranya untuk pengujian sampel swab antigen dan antibodi. Sementara tes PCR belum ditunjang keberadaan bangunan dan peralatan yang memadai.

Dari sisi tenaga yang dibutuhkan, ia meyakinkan bahwa pihaknya telah memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni. “Untuk PCR kita belum bisa, tapi tenaga lab sudah siap,” tandasnya. (jun)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional