Pemkot Benahi Fasilitas Bermain Anak

Seorang anak tengah bermain di fasilitas permainan anak di Taman Sangkreang, Mataram, Rabu, 1 September 2021. Pemkot menyiapkan anggaran untuk pergantian seluruh wahana permainan anak di masing-masing RTH yang ada.(Suara NTB/bay)

Mataram (Suara NTB) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram menargetkan pembenahan fasilitas bermain anak di ruang terbuka hijau (RTH). Pasalnya, sebagian besar fasilitas tersebut mulai rusak dan dinilai membahayakan jika digunakan oleh anak-anak.

Kepala DLH Kota Mataram, H. M. Kemal Islam menyebut pembenahan tersebut akan dilakukan secara bertahap. Fasilitas bermain anak di Taman Sangkareang menjadi lokasi pertama yang akan dibenahi pihaknya.

Iklan

“Tahun ini kita mulai tata yang di Taman Sangkareang. Ini yang dipesan untuk permainan anak terutama,” ujar Kemal, Rabu, 1 September 2021. Untuk pembenahan tersebut pihaknya telah menyiapkan anggaran sebesar Rp150 juta.

Dengan alokasi anggaran tersebut jumlah permainan anak yang disiapkan tidak akan terlalu banyak. Menurut Kemal, besaran anggaran saat ini kemungkinan besar hanya cukup untuk mengganti permainan-permainan anak yang telah ada sebelumnya.

“Memang perlu diganti karena sudah cukup lama juga. Alat permainan anak yang akan diganti tidak jauh seperti yang ada sekarang. Karena (besaran anggaran) kita sesuaikan dengan lokasi dan lahan yang ada. Itu saja sih, karena pembaharuan saja,” jelasnya.

Di sisi lain, fasilitas permainan yang disiapkan juga disebutnya telah memperhitungkan standar-standar ramah anak. Dengan begitu, pembenahan fasilitas yang dilakukan diharapkan dapat mendukung Kota Mataram menjadi kota layak anak.

“Ini kan dasarnya juga permintaan teman-teman DP3A (Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak). Termasuk untuk memenuhi persyaratan Kota Layak Anak itu,” ujar Kemal. Jika penataan di Taman Sangkareang selesai dilakukan, pihaknya akan menyiapkan rencana penataan untuk RTH lainnya yang ada di Kota Mataram. (bay)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional