Pemkot Arahkan Pemotongan Hewan Kurban di RPH

Ilustrasi RPH. (suaraNTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram menyiapkan penyaluran ratusan kupon daging kurban menjelang peringatan Idul Adha 2021. Kendati demikian, pemotongan hewan kurban dialihkan ke rumah potong hewan (RPH) Majeluk untuk menghindari penularan coronavirus disease (Covid-19).

“Sesuai dengan edaran kita arahkan pemotongan di RPH Majeluk. Di Kantor Walikota tidak ada. Nanti (setelah pemotongan) kita langsung distribusikan ke masyarakat,” ujar Kepala Bagian Kesejahteraan (Kesra) Setda Kota Mataram, Fathoni Asfriand saat dikonfirmasi, Minggu, 18 Juli 2021.

Iklan

Diterangkan, untuk Idul Adha 2021 Pemkot Mataram menyediakan sekitar 48 hewan kurban. Antara lain  31 ekor kambing dan 17 ekor sapi yang berasal dari pengadaan Pemkot Mataram sendiri serta sumbangan dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan lembaga terkait.

Dari jumlah tersebut empat ekor sapi akan dikirim ke RPH Majeluk. Sedangkan sisanya akan dibagikan ke masjid-masjid, pondok pesantren, madrasah, dan masing-masing lingkungan di Kota Mataram yang telah mengajukan permintaan hewan kurban.

“Ini nanti kita langsung distribusikan ke masyarakat. Kalau tahun kemarin permohonan (hewan kurban) banyak. Yang tidak dapat, kita sediakan juga kupon di Kantor Walikota. Termasuk untuk OB (office boy) dan lain-lain yang dibagikan lewati masing-masing koordinator,” jelas Fathoni.

Pihaknya menyiapkan sekitar 400 kupon yang dapat dipakai oleh masing-masing koordinator kelompok atau perwakilan lembaga untuk mengambil jatah daging kurban. Dengan cara tersebut, pihaknya berharap kerumunan massa untuk mengantre hewan kurban tidak terjadi.

“Kalau di Kantor Walikota biasanya entah dari mana orang berdatangan. Ini yang kita hindari, karena sedang (pandemi) Covid-19. Karena itu juga kita laksanakan pemotongan di RPH. Termasuk untuk permohonan itu, kita minta koordinatornya saja yang datang,” ujarnya.

Selain mencegah potensi penyebaran Covid-19 dari kerumunan pengatre hewan kurban, pihaknya juga menyesuaikan pelaksanaan pemotongan hewan kurban tersebut dengan surat edaran (SE) Walikota Nomor 117/KK.18.07/1/KS.02.2/07/2021 tentang Pelaksanaan Ibadah Hari Raya Idul Adha serta Pemotongan Hewan Kurban dalam Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Mataram.

Hal serupa juga diharapkan dapat diterapkan di masing-masing lokasi pemotongan hewan kurban lainnya. Terutama untuk mencegah penambahan kasus Covid-19 dari perayaan Idul Adha 2021. (bay)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional