Pemkot akan Tempel Stiker di Rumah Warga Penerima PKH

Asnayati. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Dinas Sosial Kota Mataram segera menempelkan stiker di rumah penerima program keluarga harapan (PKH). Tujuannya agar program tepat sasaran.

Menurut Kepala Dinas Sosial Kota Mataram, Asnayati, bahwa rencana pemasangan stiker bagi 17 ribu KK penerima PKH di Kota Mataram masih tahap sosialisasi. Sosialisasi baru berjalan di tiga kecamatan. Pemasangan stiker dinilai sebagai penanda bagi penerima manfaat, sehingga bantuan bisa tetap sasaran. “Ada regulasinya untuk penempelan stiker ini,” kata Asna ditemui Selasa, 3 November 2020.

Iklan

Dua opsi yang bisa dilakukan oleh petugas yakni dengan memasang stiker atau mengecat rumah warga. Asna menyampaikan, kesepakatan bersama Anggota DPRD Kota Mataram memilih memasang stiker. Ditegaskan, pemerintah tidak memiliki niat untuk mendiskriminasikan masyarakat terutama penerima PKH. Kebijakan ini semata – mata sebagai penanda bagi warga penerima manfaat. “Malah diregulasinya itu kita bisa mengecat rumah warga. Ndak ada diskriminasi,” ucapnya.

Pemasangan stiker merupakan program pemerintah. Artinya, tidak ada alasan warga penerima PKH menolak. Sebaliknya bila terjadi penolakan menjadi pertanyaan besar pendamping di lapangan. Pemerintah pusat bisa saja mencoret berdasarkan laporan yang disampaikan oleh pendamping. “Apa dulu alasannya menolak dipasang stiker,” tandasnya.

Sosialisasi telah berjalan di tiga kecamatan tidak ada protes dari kepala lingkungan ataupun penerima PKH. Asna menyebutkan, pemasangan stiker bagi 17 lebih kepala keluarga penerima program tersebut bersumber dari anggaran Disos dan program pokok – pokok pikiran Dewan. Dia tidak menyebutkan alokasi anggaran secara detail. “Sebagian dari anggaran dinas dan ada juga dari pokir,” sebutnya.

Disos menargetkan pemasangan stiker ini tuntas di bulan November ini. Diharapkan, tidak ada penolakan dari warga. Tujuannya pemerintah adalah tidak ada niat mendiskriminasikan warganya. Tetapi semata – mata agar program pemerintah berjalan dengan baik dan tetap sasaran. (cem)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional