Pemkot akan Pangkas 400 Jabatan Struktural

Sejumlah pejabat di Lingkup Pemkot Mataram menghadiri proses assesment yang digelar akhir Maret lalu. Sekitar 400 lebih jabatan struktural eselon III dan IV akan dipangkas. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram sedang melakukan pemetaan jabatan. Pemetaan ini terkait rencana pemangkasan 400 lebih jabatan struktural eselon III dan IV. Peralihan jabatan struktural ke fungsional memiliki konsekuensi terhadap penganggaran.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Taufik Priyono mengatakan, pemangkasan jabatan struktural ke fungsional prinsipnya tidak ada masalah. Artinya, perubahan itu merupakan hal yang biasa dan tinggal penyesuaian saja. “Nanti tinggal kita mengeluarkan SK-nya,” kata Yoyok, sapaan akrabnya dikonfirmasi, Senin, 19 April 2021.

Iklan

Berdasarkan data jumlah jabatan struktural eselon III dan IV di Lingkup Pemkot Mataram sekitar 400 lebih. Keselurahannya akan beralih menjadi jabatan fungsional. Kecuali, kepala organisasi perangkat daerah, sekretaris, camat dan lurah. Sedangkan, kepala seksi, kasubbag dan kepala bidang akan dihapus. “Camat dan lurah karena mereka kepala wilayah secara otomatis tidak berubah,” bebernya.

Peralihan itu demikian kata Yoyok, memiliki konsekuensi terhadap penilaian kinerja dan dari sisi anggaran. Untuk jabatan fungsional membutuhkan anggaran cukup besar. Pasalnya, setiap kali jabatan fungsional akan naik jabatan dibutuhkan biaya untuk mengikuti uji kompetensi. Berbeda dengan jabatan struktural bisa tidak mengikuti pelatihan jika anggaran tidak tersedia. Biasanya diganti dengan ujian kedinasan. “Kalau fungsional itu wajib. Setiap kali naik jabatan harus uji kompetensi,” jelasnya.

Saat ini, Bagian Organisasi dan Tata Laksana sedang melakukan pemetaan jabatan mana yang bisa dialihkan ke fungsional. Contohnya, Kasubbag perencanaan di Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) secara otomatis beralih ke jabatan fungsional. Demikian pula, auditor disisir dan jabatan lainnya segera disesuaikan dengan jabatan fungsional yang tersedia.

Yoyok menargetkan, peralihan jabatan ini akan tuntas sebelum tenggat waktu bulan Juli mendatang. (cem)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional