Pemkot akan Bentuk BLUD Perparkiran

Kepala Balitbang Kota Mataram, Mansur bersama tim teknis lainnya melakukan pembahasan terkait pembentukan BLUD Perparkiran akhir pekan kemarin. BLUD Perparkiran diyakini mampu meminimalisir kebocoran retribusi daerah. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Mataram segera merampungkan pembentukan badan layanan umum daerah (BLUD) perparkiran. Pembentukan BLUD ini diyakini mampu meminimalisir kebocoran retribusi parkir.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Mataram, Dr. Mansur menyampaikan, beberapa aspek telah dikumpulkan seperti sumberdaya manusia, anggaran, potensi parkir dan lain sebagainya. Komponen ini menjadi bagian yang akan dikaji sebelum merumuskan pembentukan BLUD perparkiran.

Iklan

Selama ini, pengelolaan parkir oleh UPT Perparkiran terjadi kebocoran. Dia meyakini setelah BLUD dibentuk diharapkan penyerapan retribusi daerah lebih optimal dan meminimalisir kebocoran. “Pengelolaan parkir dilakukan secara profesional. Jadi kita harap BLUD bisa meminimalisir kebocoran,” kata Mansur dikonfirmasi, Rabu, 6 Oktober 2021.

Dikatakan Mansur, BLUD segera final. Pertemuan teknis dengan Dinas Perhubungan, Badan Keuangan Daerah dan Bagian Hukum Setda Kota Mataram, Jumat, 1 Oktober 2021 masih mencari pola. Pola dimaksud Mansur adalah, pembentukan BLUD bisa melalui peraturan walikota.

Sementara, pengelolaan parkir erat kaitannya dengan peraturan daerah (Perda) tentang pajak dan retribusi daerah. “Kita sedang cari bagaimana formulasinya, sehingga aturan Perda-nya kita mulai dengan Perwal sehingga tidak bertentangan dengan aturan yang lebih tinggi,” jelasnya.

Untuk penataan kelolaan perparkiran sambungnya, akan beriringan atau simbiosis mutualisme dengan pembentukan BLUD itu sendiri. Karena, BLUD ini tidak murni mencari atau mengejar pendapatan daerah saja, tetapi bagaimana keamanan dan ketertiban lalulintas bisa terjamin dengan baik.

Mansur mengharapkan kajian ini bisa segera dituntaskan sehingga bisa diserahkan langsung ke sekretaris daerah. Pembentukan selanjutnya menjadi kewenangan Bagian Organisasi dan Tata Laksana Setda Kota Mataram. (cem)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional