Pemkab Lotim Perketat Kepulangan Warga dari Luar Negeri

PMI saat dijemput dan didata oleh petugas untuk dibawa ke Rusunawa Kayangan. Langkah ini untuk memperketat terjadinya penularan Covid-19.(Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) -Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) per tanggal 23 Februari 2021 mencapai angka 1.009 kasus. Jumlah ini cukup banyak, sehingga menjadi perhatian serius pemerintah setempat. Salah satu langkah dilakukan saat ini dengan memperketat kepulangan warga Lotim dari luar negeri.
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lotim, Drs. H. M. Sukiman Azmy.,MM menyebutkan dari 118 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Lotim yang pulang dari Malaysia.

Semuanya langsung dijemput petugas di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) dan dibawa ke Rusunawa Kayangan, Labuhan Lombok untuk menjalani isolasi selama lima hari.
Proses ini, kata bupati, tentunya membutuhkan biaya yang cukup besar baik dari segi operasional petugas maupun pemenuhan kebutuhan masyarakat saat dikarantina. Bupati mengajak kepala OPD di Pemprov NTB untuk bersama-sama mengatasi persoalan ini dalam upaya mengatasi masalah pandemi Covid-19.

Iklan

“Mari kita saling bantu dalam mengatasi masalah. Jika Pemprov NTB mengatasi masalah di daerah atau di kabupaten/kota. Maka secara otomatis telah mengatasi masalah di NTB,”ungkap mantan Dandim 1615 Lotim ini.

Terpisah, Kepala Bidang Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja (BPPT) pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lotim, Moh. Hirsan, menyebutkan dari jumlah PMI yang sudah pulang dan dikarantina sebanyak 1.118 orang. Dari jumlah tersebut, yang mengalami penyakit stroke 1 orang dan patah tangan 1 orang. Untuk yang masuk rumah sakit gejala Covid-119 sebanyak 3 orang dari kloter dua, namun sudah sehat setelah dirawat di RS Lotim. “Satu orang PMI meninggal dunia karena penyakit bawaan dari Malaysia berupa sakit ginjal dan jantung,”sebutnya.

Hirsan mengatakan kepulangan PMI ini dilakukan dua kali dalam satu pekan dengan jadwal pemulangan hari Rabu dan Jumat. Untuk memastikan jumlahnya dapat diketahui setelah dilakukan prosespendataan di Bandara. (yon)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional