Pemkab Loteng Pasang CCTV di Kawasan Strategis

Praya (Suara NTB) – Pemkab Lombok Tengah (Loteng) berencana memasang CCTV di sejumlah kawasan strategis. Termasuk di antaranya daerah-daerah rawan aksi kriminalitas, khususnya di kawasan wisata. Langkah ini dilakukan untuk memudahkan pemantauan kondisi daerah.

Kepada Suara NTB, Jumat, 14 Oktober 2016, Bupati Loteng, H.M. Suhaili FT, SH, menegaskan, sebelumnya, pemasangan CCTV sudah dilakukan Polres Loteng di beberapa titik rawan kejahatan dan padat lalu lintas. Termasuk di kawasan wisata. Hanya saja, jumlah CCTV yang dipasang masih terbatas, sehingga pemantauan kondisi daerah belum bisa maksimal dilakukan.

Iklan

“Jadi CCTV yang sudah dipasang Polres Loteng sebelumnya, akan kita tambah. Di daerah-daerah yang belum terpasang CCTV, tetapi dinilai sebagai titik rawan,” sebutnya.

Hanya saja, pemasangan baru akan dilakukan tahun depan. Pasalnya, anggaran untuk program ini baru akan dianggarkan pada APBD Loteng tahun 2017 mendatang. “Kalau untuk kepentingan keamanan, pasti kita dukung. Jika memang CCTV yang sudah dipasang aparat kepolisian dinilai masih kurang, kita tambahkan,” tegasnya kembali.

Untuk itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polres Loteng guna menentukan berapa jumlah CCTV yang harus dipasang. Termasuk lokasi dan titik pemasangannya, karena aparat kepolisian yang paling tahu lokasi dan titik pemasangan CCTV yang dibutuhkan. Sementara pemerintah daerah hanya menyiapkan anggaran pemasangan CCTV.

Menurut Suhaili, menjaga stabilitas keamanan menjadi fokus utama pemerintah daerah saat ini, khususnya keamanan di kawasan wisata. Mengingat, fokus pembangunan saat ini lebih ke sektor pariwisata, sehingga harus didukung dengan program yang tepat agar upaya menjaga stabilitas keamanan bisa maksimal dilakukan. (kir)