Pemkab Loteng Harus Serius Atasi Sampah

Praya (Suara NTB) – Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) tercatat sebagai salah satu daerah dengan laju pertumbuhan sampah tertinggi di NTB. Untuk itu, Pemkab Loteng diminta lebih serius menangani persoalan sampah. Jangan sampai persoalan sampah justru menjadi persoalan pelik di masa yang akan datang.

Demikian disampaikan anggota Komisi III DPRD Loteng, H.L. Arif Rahman Hakim, S.E., Senin, 28 November 2016.

Menurutnya, secara nasional, laju pertumbuhan sampah di Loteng berada pada posisi 17 dari 500 lebih kabupaten/kota di Indonesia. Itu artinya, pertumbuhan sampah di daerah ini sudah sangat mengkhawatirkan. “Ini data dari Kementerian PU langsung. Bukan data yang dibuat-buat. Bahwa laju pertumbuhan sampah di Loteng cukup tinggi. Berada di posisi 17 secara nasional,” terangnya.

Untuk itu, ujarnya, sudah waktunya, Pemkab Loteng memberikan perhatian serius dalam hal penanganan sampah. Jangan sampai persoalan sampah dipandang sebagai persoalan yang kurang penting untuk ditangani, karena persoalan sampah sesungguhnya berkaitan erat dengan pelayanan publik.

“Selama ini kita melihat Pemkab Loteng setengah hati menangani persoalan sampah. Sehingga penanganan sampah menjadi tidak begitu optimal hasilnya,” kritiknya.

Alasannya, setiap hari pihaknya mendengar keluhan soal sampah yang tidak kunjung ditangani dan sampah sampai menumpuk begitu saja di beberapa titik.

Meski demikian, ujarnya, dari sisi program, penanganan sampah tidak begitu seksi bagi daerah. Dengan kata lain, hasil secara riil program penanganan sampah tidak begitu nampak. Beda kalau program pembangunan fisik hasilnya bisa terlihat begitu program selesai dikerjakan. (kir)