Pemkab Lobar Sertifikatkan Lahan Kampus STIE AMM

Pemkab Lobar  telah mensertifikatkan lahan aset miliknya yang kini ditempati  STIE AMM. Pemkab meminta sewa aset puluhan tahun kepada pengelola yayasan ini. (insert) sertifikat hak milik (SHM) pemkab Lobar.(Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Pekab Lombok Barat (Lobar) telah membuat serifikat aset berupa lahan kampus yang ditempati STIE Akademi Manajemen Mataram (AMM). Proses sertifikasi yang diajukan beberapa bulan lalu itu pun sudah selesai di BPN, sehingga serifikat aset milik pemkab Lobar itu sudah terbit.

Kepala BPKAD Lobar, H. Fauzan Husniadi mengatakan, pihaknya sudah mensertifikatkan lahan itu semenjak bergulir masalahnya dengan pihak pengelola. “Sertifikatnya terbit tanggal 5 Januari 2021 atas nama pemda,” jelas dia, Jumat, 5 Maret 2021. Dengan disertifikatkannya lahan itu tentunya menjadi bukti sahih dan mempertegas bahwa tanah itu milik Pemda. Tentu didukung oleh bukti lain yang dipegang pemda. Sebelum nya lahan ini coba untuk diajukan serifikat ke BPN kota Mataram atas nama Yayasan namun ditolak.

Iklan

Tinggal saat ini langkah Pemda melakukan upaya pengosongan lahan itu. Namun dalam hal ini, pihaknya masih berbaik hati. Pihaknya memberikan waktu bagi pihak pengelola yayasan untuk berkomunikasi dengan Pemkab Lobar.

Anggota komisi I DPRD Lobar, Indra Jaya Usman menegaskan, Komisi I mendukung upaya Pemkab menarik sewa mundur 10 tahun terhadap lahan tersebut. Karena kata dia, hak guna pakai lahan berlaku 25 tahun dan masanya sudah habis 10 tahun yang lalu. “Sehingga itu kan batal demi hukum, karena itu wajar Pemda meminta sewa mundur selama 10 tahun,” imbuh dia. Menurutnya, selama 10 tahun Pemda rugi karena tidak ada pemasukan dari lahan itu.

Menyoal potensi pidana dalam persoalan aset ini, menurut politisi Demokrat tersebut harus dipersoalkan oleh Pemda. Karena seperti kasus di Lahan mall LCC yang yang diduga diagunkan. Jangankan ini lahan milik Pemda, lahan LCC yang masuk penyertaan modal saja dipersoalkan. “Karena lahan itu masih menjadi aset tak terpisahkan dari neraca daerah Lobar,” jelas dia. (her)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional