Pemkab Desak Perbaikan Sejumlah Ruas Jalan Provinsi di Sumbawa

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Pemkab Sumbawa telah mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi tentang beberapa ruas jalan yang rusak untuk segera ditangani. Terutama ruas jalan Pal IV – Lenangguar. Serta Semongkat Batudulang yang longsor pada sejumlah titik sehingga mengalami kerusakan cukup parah.

Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas PUPR Sumbawa, L. Suharmadji S.T, usulan ini telah disampaikan setahun lalu. Informasi tentang kerusakan beberapa ruas jalan ini tidak hanya laporan secara lisan tetapi juga disampaikan secara tertulis. “Jadi, memang koordinasi kita sebatas menginformasikan tentang kerusakan itu,” terangnya.

Iklan

Pihaknya berharap ruas jalan yang rusak tersebut dapat segera dibenahi dan bisa diproses di RKPD 2019. Walaupun tidak bisa menyeluruh tetapi paling tidak bisa dilakukan pemeliharaan rutin. Begitu juga dengan pemeliharanan rutin atau berkala pada ruas ruas jalan provinsi lainnya, seperti SJN Moyo-Ulu Air, Sumbawa-Ulu Air, Pelampang – Sekokat dan lainnya.

“Tetapi yang paling mendesak saat ini Pal IV-Lenanguar. Ruas sepanjang 135 Kilo meter yang kalau tidak bagus, maka akan terkendala suplai bahan pokok dan BBM. Sehingga menjadi mahal. Hal ini sudah kita informasikan. Begitu juga untuk penanganan 3 titik yang sudah longsor pada ruas Semongkat Batudulang,” kata Suharmadji.

Sedangkan jalan Kabupaten, prioritasnya masih pada wilayah wilayah sulit. Seperti pemeliharaan ruas jalan Batudulang-Tepal, agar akses jalan tidak terputus. Kemudian lingkar selatan, Lawin-Labangar dan lainnya. “Kita prioritaskan wilayah wilayah yang punya potensi ekonomi,”pungkasnya. (arn)