Pemilihan Waka MAN Dompu Bak Pilkada

Khaeruddin.(Suara NTB/ula)

Dompu (Suara NTB) – Pemilihan Wakil Kepala Madrasah kini tidak lagi berdasarkan keinginan kepala madrasah, tapi harus dipilih oleh para guru. Proses pemilihan wakil kepala MAN Kandai Dua Dompu bak pemilihan kepala daerah (Pilkada). Diawali proses pencalonan, penyampaian visi misi dan pemilihan.

Empat wakil kepala madrasah yang akan dipilih, yaitu wakil kepala bidang Akademik, wakil kepala bidang Humas, wakil kepala bidang sarana prasarana (Sapras), dan wakil kepala bidang kesiswaan. Dari 4 wakil kepala MAN, hanya wakil kepala bidang Akademik yang hanya ada calon tunggal yaitu Qaimuddin, M.Pd.

Iklan

Tiga wakil kepala MAN lainnya diikuti oleh lebih dari 1 orang calon, yaitu Hairil Anwar, S.Pd., dan M Farhana Jakir, SE (waka bidang Humas), Dra Hj Aminah, Hairil Anwar, S.Pd., dan Dra Sufraini (waka bidang Sapras), serta Abdul Basir, S.Ag., dan Sukri, S.Pd (waka bidang kesiswaan).

Kondisi ini membuat proses pencalonan dan pemilihan wakil kepala MAN Kandai Dua Dompu menjadi semakin seru. Masing – masing kandidat meyakinkan para guru sebagai pemegang hak memilih. Kendati dalam guyonan, aksi saling sindir dan protes juga sempat menghiasi proses tahapan pemilihan. Namun suasana kekeluargaan dan keharmonisan tetap terjaga diantara dewan guru dan tenaga kependidikan di MAN Dompu.

Kepala MAN Kandai Dua Dompu, Drs Haeruddin kepada Suara NTB menyebutkan, proses pemilihan
Waka madrasah ini sesuai petunjuk teknis dari Dirjen pendidikan madrasah Kementrian Agama

tanggal 23 Juni 2020. Waka madrasah ini memiliki masa jabatan selama 2 tahun dan semua guru memiliki hak yang sama untuk dipilih dengan syarat berusia maksimal 55 tahun. Tetapi pemilik hak suara hanya bagi guru. Sementara tenaga kependidikan hanya sebagai panitia.

  Merusak Tumbuhan Asli Tambora, Pendaki akan Masuk Daftar Hitam

“Pemilihannya nanti Senin (13/7) sambil menunggu guru – guru yang pulang kampung setelah libur sekolah. Nanti kepala Kemenag (Kabupaten Dompu) dan pengawas pembina MAN kita minta sebagai pemberi pemilih kehormatan,” kata Haeruddin.

Terkait penerimaan siswa baru, MAN Kandai Dua Dompu kini menerima siswa baru hingga 200 lebih siswa baru. Animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di MAN Dompu ini masih cukup tinggi. Tahapan pengenalan sekolah mulai dilakukan, Rabu pagi dan dibuka langsung kepala Kemenag Dompu, Drs H Syamsul H Ilyas, MSI. (ula)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here