Pemicu Kebakaran Wisma Daerah, Polisi Tunggu Uji Laboratorium

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Pihak kepolisian belum bisa menyimpulkan penyebab kebakaran gedung bersejarah Wisma Daerah Kabupaten Sumbawa yang terjadi beberapa waktu lalu. Asal muasal api baru diketahui setelah adanya hasil uji laboratorium dari Pusat Laboratortium Forensik (Puslabfor) Denpasar Bali.

Kasat Reskrim Polres Sumbawa, AKP Elyas Ericson, SH., SIK yang ditemui Jumat, 14 Juli 2017 kemarin menyampaikan, tim Puslabfor Depasar Bali sudah turun melakukan olah TKP selama dua hari. Sejumlah barang bukti seperti arang sisa kebakaran, tembaga dan trafo AC sudah diambil.

Iklan

Selain itu, tim Inafis Polda juga sudah melakukan olah TKP dan mengambil beberapa barang bukti. Barang bukti tersebut akan dibawa ke Bali untuk diuji laboratorium disana. Hal ini guna mengetahui penyebab kebakaran terjadi. Apakah disebabkan karena arus pendek atau lainnya.

“Akan dianalisa dan diteliti dulu di Puslabfor Bali. Penyebab kebakaran kita tunggu hasil uji labfor nantinya,” tukas Ericson.

Seperti diberitakan, gedung bersejarah Wisma Daerah Sumbawa atau Istana Putih ludes dilalap si jago merah pada Selasa, 11 Juli 2017 lalu. Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 09.45 Wita. Semua pihak terkait termasuk masyarakat memadati lokasi secara bersama-sama memadamkan api gedung yang menjadi salah satu Ikon Sumbawa tersebut.

Tak sedikit yang menitikan air mata dengan terbakarnya Wisma Daerah. Dimana selain bernilai sejarah, gedung tersebut teryata juga salah satu aset nasional. Selain kerugian material, penyebab kebakaran belum diketahui hingga saat ini.

Guna mengetahui penyebab terjadinya kebakaran, Polres Sumbawa berkoordinasi dengan Inafis Polda NTB dan Puslabfor di Denpasar Bali. Sehari setelah kebakaran, 5 personil tim Inafis Polda turun melakukan olah TKP.

Kemudian pada Kamis, 13 Juli 2017 hingga Jumat, 14 Juli 2017 kemarin giliran dua personil tim Puslabfor melakukan olah TKP. Di lokasi tim tersebut didampingi pihak Polres Sumbawa. Dari olah TKP yang dilakukan tim, sejumlah barang bukti diamankan untuk diuji laboratorium. Hal ini guna mengetahui penyebab terjadinya kebakaran.(ind)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional