Pemerintah Siapkan Program Sembako Hadapi Corona, Jaga Ratusan Ribu Warga NTB

Ilustrasi pembagian sembako (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Pusat akan segera menggulirkan program kartu sembako menghadapi dampak virus Corona (Covid-19). Program ini akan menyasar ratusan ribu warga miskin di NTB yang masuk dalam Basis Data Terpadu (BDT).

Kepala Dinas Sosial (Disos) NTB, Dra. T. Wismaningsih Dradjadiah yang dikonfirmasi Suara NTB, Senin, 23 Maret 2020, mengatakan Pemda masih menunggu arahan dari Kementerian Sosial (Kemensos) untuk pelaksanaan program ini. Kemensos menggelar video conference dengan Dinas Sosial Provinsi kaitan dengan pelaksanaan program kartu sembako untuk menghadapi dampak virus Corona.

Iklan

‘’Kita tunggu bagaimana arahannya. Bagaimana penggulirannya di masa dengan kondisi siaga darurat seperti ini,’’ kata Wismaningsih.

Ia menjelaskan, program kartu sembako ini semacam jaring pengaman sosial bagi masyarakat miskin. Tujuannya agar masyarakat yang masuk kategori miskin tidak jatuh semakin miskin dengan adanya situasi sekarang ini dampak virus Corona.

Data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk miskin di NTB pada bulan September 2019 sebanyak 705.680 orang. Sedangkan pada Maret 2019 sebesar 735.960 orang. Adapun persentase penduduk miskin pada periode Maret 2019 – September 2019 mengalami penurunan sebesar 0,68 persen dari 14,56 persen menjadi 13,88 persen.

‘’Kalau program kartu sembako ini, program reguler biasa. Menjaga masyarakat miskin agar tidak jatuh semakin miskin. Penduduk yang ada dalam BDT memperoleh sembako,’’ jelasnya. (nas)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional