Pemerintah Harus Perhatikan Ruang Publik untuk Anak

Mataram (suarantb.com) – Dalam rangka memenuhi hak anak, pemerintah diminta memperhatikan dan memaksimalkan ruang-ruang publik untuk anak. Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Mataram, I Wayan Sugiartha usai menghadiri pembukaan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Kota Mataram, Rabu, 20 Juli 2016.

Ruang publik menjadi sarana membangun interaksi sosial bagi anak. Di ruang publik, anak-anak bisa memanfaatkannya sebagai arena bermain. Namun menurutnya, ruang publik di kota-kota besar termasuk Kota Mataram semakin sempit. Untuk itulah menurutnya Pemkot Mataram perlu didorong untuk memenuhi target ketersediaan ruang terbuka hijau sebagai ruang publik.

Iklan

Hak anak yang juga harus dipenuhi adalah bagaimana menjauhkan anak-anak dari tindak kekerasan. Sugiartha menyebutkan dalam hal ini perlu dibangun kesadaran masyarakat. Masyarakat diminta melaporkan kejadian atau tindakan yang merugikan anak.

“Masyarakat untuk melaporkan kejadian di sekitarnya saja kadang-kadang masih malas,” ujarnya.

Pembukaan peringatan HAN berlangsung meriah yang dirangkai dengan kirab budaya para peserta dari 34 provinsi di Indonesia. Dengan pelaksanaan HAN ini, Sugiartha juga berharap hak-hak anak dapat terpenuhi sehingga dapat terus mengembangkan prestasinya. (rdi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here