Pemerintah Didesak Berlakukan Pembatasan di Pelabuhan Lembar

Pelayanan penyeberangan di Pelabuhan Lembar masih dibuka. Namun pemeriksaan penumpang diperketat. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Pemda Lombok Barat (Lobar) belum memberlakukan pengetatan dan pembatasan bagi warga keluar – masuk ke daerah itu melalui berbagai pintu masuk, seperti di pelabuhan dan perbatasan antar daerah baik dengan Kota Mataram, Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Utara (KLU). Padahal dua daerah di Pulau Lombok sudah ada kasus positif Corona, yakni Kota Mataram dan Lombok Timur.

Terkait hal ini, Bupati Lobar H. Fauzan Khalid mengakui terkait desakan sejumlah pihak agar membatasi bahkan menutup Pelabuhan Lembar agak sulit dilakukan karena kebijakannya di pusat. Pihaknya hanya bisa memperketat dengan melakukan pencegahan dan menempatkan TNI-Polri di sana. “Pak Presiden sudah ambil keputusan tidak ada lockdown, hanya diperketat,” tegas dia.

Iklan

Untuk konteks pemberlakuan pembatasan keluar masuk kabupaten/kota di NTB tidak bisa dilakukan sepihak, sehingga di sini butuh keputusan bersama dalam hal ini Pemprov NTB. Bupati hanya menekan agar masing-masing warga menjaga diri dan keluarga.

Sementara itu, Ketua DPRD Lobar Hj. Nurhidayah menegaskan Pemda harus tegas memberlakukan pembatasan di pintu masuk. “Kami sudah usulkan ke Pak Bupati agar dibatasi warga keluar masuk melalui Pelabuhan Lembar. Karena rawan warga dari luar daerah yang zona merah Pandemi Corona,” tegas dia.

Dijelaskan politisi Gerindra ini, pembatasan di pintu masuk ini penting dilakukan sebagai upaya pencegahan. Sebab menurut dia, kalau bicara pengetatan pemeriksaan di Pelabuhan Lembar misalnya kurang maksimal. Sebab tidak semua penumpang bisa diperiksa. Bahkan hasil temuannya, ada warga dari luar daerah yang menyeberang melalui Pelabuhan  Lembar tidak diperiksa. Dikhawatirkan, kalau orang yang luput dari pemeriksaan lalu pulang ke daerah Lobar maka akan menyebarkan ke warga lainnya. “Ini yang kita khawatirkan,” imbuh dia. (her)

Advertisement ucapan idul fitri ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional