Pemda Lobar Gembleng Calon Peserta STQ Tingkat Provinsi

Pembinaan intensif tahap I bagi calon peserta STQ Lobar untuk menghadapi STQ tingkat provinsi tahun 2021 mendatang.(Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Pemda Lombok Barat (Lobar) tak mau kendur dalam mempersiapkan peserta yang akan berlaga pada Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Provinsi ke XXVI yang akan diadakan di Mataram tahun depan. Pasalnya, belajar dari pengalaman sebelumnya pada MTQ tingkat provinsi ke 28 di Lobar, prestasi Lobar mengalami penurunan.

Melalui Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Lobar melakukan pembinaan intensif terhadap calon peserta STQ. Pembinaan dilakukan Selama delapan hari dengan tiga kali tahapan di lembaga Tahfiz Al-Qur’an Darul Haifizin Aik Ampat.

Selasa, 1 Desember 2020 diadakan pembukaan pembinaan intensif tahap I bagi calon peserta STQ. Pembinaan ini dibuka Wakil ketua LPTQ Lobar, H. Jalalussayuthy S.S., M.Pd., yang juga Kepala Kemenag Lobar dan Kabag Kesra selaku Sekretaris LPTQ Lobar H. Maksum, M.Pd., mewakili Ketua LPTQ Lobar.

Menurut Kabag Kesra Setda Lobar, terdapat 16 calon peserta STQ terdiri dari Qori’dan Qoriah, Tahfiz dan Tahfidzoh, Mufassir dan Mufassiroh yang dilatih untuk ikut STQ yang rencananya diadakan bulan April tahun’ depan. “Kami melakukan pembinaan intensif untuk mempersiapkan calon peserta STQ yang akan ikut STQ Tingkat Provinsi ke 26 di Mataram tahun depan,” jelasnya.

16 orang calon peserta STQ yang dibina ini merupakan peserta yang sebelumnya mendapatkan juara STQ kabupaten. 16 peserta ini terdiri dari Cabang Tilawah di antaranya golongan anak-anak sebanyak dua putra putri. Golongan dewasa sebanyak 2 orang. Masing dua orang pada Cabang Tahfiz Al Qur’an mencakup 1 juz dan Tilawah,  5 juz dan Tilawah, 10 juz, 20 juz dan 30 juz. Cabang Tafisr Al Qur’an Bahasa Arab dua orang. (her)