Pemda KSB akan Aktifkan Kembali Forum Yasinan

Kegiatan pertemuan forum yasinan yang digelar Pemda KSB setiap malam Jumat.  (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan mengaktifkan kembali Forum Yasinan. Forum pertemuan tiap malam Jum’at itu dikatakan bupati KSB, HW. Musyafirin tetap akan dilanjutkan sebagai sarana pengaduan masyarakat secara langsung kepada pemerintah.

“Pasti (dilaksanakan lagi). Dan segera dalam waktu dekat kita atur jadwal rutinnya setiap pekan,” kata bupati kepada wartawan.

Iklan

Menurut bupati, sebagai bagian tak terlepaskan dari Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR). Aturan forum yang merupakan akronim dari Pelayanan Setara dan Inklusif Andalan itu akan ada perubahan seiring revisi Perda PDPGR yang telah disahkan baru-baru ini. Beberapa perubahan dicontohkan, koordinasi peserta forum tiap pekan melalui Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) sebagai instrumen baru pelakana PDPGR di tingkat desa. “Dulu kan namanya peliuk. Nah sekarang diberi nama Posyandu. Ada 225 Posyandu nantinya yang akan dijadwalkan secara rutin tiap pekan mengkuti forum pertemuan itu,” urai bupati seraya menambahkan, paling lambat agenda Yasinan dimulai awal Juli mendatang.

“Kita kan sedang tunggu selesai pengentasan pilar 4 dan 5 yang digerakkan ASN sekarang ini. Setelah itu baru lanjut diambil alih agen PDGR. Nah Juni ini selesai, makanya Juli kita bisa mulai yasinannya,” sambung orang nomor satu di  KSB ini.

Selanjutnya, dituturkan bupati, keberadaan Forum Yasinan selama kepemimpinan periode pertamanya itu sangat dirasakan manfaarnya. Pada praktiknya, forum itu terus mengalami perkembangan tidak aaja menyaring informasi pelaksanaan agenda PDPGR di masyarakat yang fokus pada persoalan sosial kemasyarakatan.

Tetapi lewat kesempatan itu, masyarakat juga bisa memberikan informasi terhadap program lain pemerintah. Hal ini sambung bupati, membuat pemerintah dapat cepat mengetahui setiap persoalan dan segera memberikan respon.

“Makanya forum itu kami tetap pertahankan. Karena manfaatnya besar, tidak saja di sisi masyarakat tapi juga pemerintah sebab tiap persoalan di masyarakat bisa kita ketahui secara real time (setiap pekan),” imbuh bupati.(bug)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional