Pemda KLU Larang Kembang Api, Imbau Ramaikan Masjid

Ilustrasi

Tanjung (Suara NTB) – Pemda Kabupaten Lombok Utara (KLU) bersikap tegas menyikapi gelaran tahun baru 2019. Menyambut malam pergantian tahun, Pemda KLU mengeluarkan edaran perihal anjuran menyambut tahun baru.

Sesuai Surat Edaran Bupati No. 64/1584/Bupati/2018 tanggal 20 Desember 2018, bupati menegaskan beberapa hal. Pertama, dalam rangka menjaga ketenteraman dan ketertiban menjelang malam Tahun Baru 2019, Bupati KLU Dr. H. Najmul Akhyar, SH., MH., memerintahkan kepada seluruh kepala OPD untuk ikut mengawal sesuai tupoksi kerja.

Iklan

Bupati mengimbau kepada masyarakat agar memelihara dan meningkatkan keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing. Masyarakat diimbau untuk menjauhi perbuatan-perbuatan yang melanggar hukum dan penyakit masyarakat, seperti hura-hura, kebut-kebutan/balapan liar, judi, narkoba, minuman keras, maksiat, dan perbuatan lain yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

“Memantau dan mengantisipasi potensi lonjakan harga sembako/kebutuhan di pasar, meningkatnya parkir liar, mengatur penjual terompet/petasan yang berjualan di pinggir jalan yang dapat mengakibatkan kelancaran lalu lintas terganggu,” sebut Plt. Kabag Humas Setda Lombok Utara, Mujaddid Muhas, MA., Jumat, 28 Desember 2018.

Selain itu, bupati mengimbau warganya agar tidak menyalakan kembang api, menyulut mercon/petasan serta membuang puntung rokok di sembarang tempat yang bisa menyebabkan terjadinya kebakaran.

“Khusus masyarakat Muslim diimbau untuk melaksanakan zikir dan tausyiah di masjid atau di musala pada malam pergantian tahun. Sedangkan bagi umat lainnya menyesuaikan,” tambahnya.

Mujaddid menyebut, pada OPD yang berwenang terhadap keberlangsungan kamtibmas diminta untuk meningkatkan patroli wilayah bersama unsur tiga pilar, meliputi camat/kepala desa. Polsek/Babinkamtibmas, Danramil/Babinsa untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan.

“Kepala OPD penanggung jawab juga diminta untuk melaporkan hal-hal yang berpotensi mengganggu keamanan, ketentraman dan ketertiban umum kepada Polsek setempat,” tandasnya. (ari)