Pemda Harus Cepat Temukan Solusi Atasi Krisis Air Bersih di NTB

Mataram (suarantb.com) – Mantan Wakil Gubernur NTB, Ir. H. Badrul Munir, MM menegaskan pemerintah daerah harus cepat menemukan solusi terhadap masalah krisis air di NTB. Pasalnya krisis air bersih merupakan permasalahan wajib dari tahun ke tahun.

“Negara harus hadir, wakil utama negara kan pemerintah. Karena kan begini, ini persoalan berulang-ulang setiap tahun. Seharusnya ada kebijakan pemerintah untuk mengatasi kekurangan air,” ujarnya dalam sebuah diskusi di Mataram, Sabtu, 10 September 2016.

Iklan

Badrul mengatakan, kondisi kekeringan di Lombok Timur tidak serta merta bisa diatasi. Melihat kondisi hutan saat ini yang rusak. Karenanya itu menjadi tanggung jawab negara.

“Semakin buruk kondisi lingkungannya semakin tidak ada ketersediaan air. Tidak bisa bila kondisi Lombok Timur kekurangan air terus kita atasi dengan hutan saat ini, tidak bisa,” katanya.

Menurutnya kondisi air konstan, hanya kondisi lingkungan saja semakin buruk. Sehingga ketersediaan air terbatas. Badrul menambahkan, seharusnya pelayanan pemerintah harus segera memberikan pelayanan air kepada masyarakat.

“Kalau air berkonflik maka akan berpengaruh pada instabilitas. Dunia itu ke depan yang memicu itu instabilitas bukan lagi energi, bukan pangan tapi air,” ungkapnya. (ism)