Pembunuhan Polisi, Tersangka Reka Ulang Adegan

Tersangka memperagakan adegan membunuh korban dalam rangkaian 34 adegan reka ulang di TKP. (Suara NTB/why)

Mataram (Suara NTB) – Polsek Cakranegara merekonstruksi dugaan pembunuhan anggota Polri, Iptu I Nengah Sukarta. Tersangka I Made Subrata alias Jinggo memeragakan 34 adegan. Terungkap, tersangka menganiaya korban sampai meninggal berbekal pipa besi di samping rumah.

“Tersangka memerankan sedikitnya 34 adegan,” ungkap Kapolsek Cakranegara, Kompol Muslih ditemui di sela-sela rekonstruksi, Kamis, 20 Desember 2018.

Iklan

Dia menjelaskan, cara tersangka menghakimi korban dengan sebatang kayu tampak pada adegan ke-14. Sebelum mulai memukul, tersangka meminta korban untuk menyiapkan makanan. Sementara tersangka menyelinap ke luar rumah untuk mengambil pipa besi.

“Pelaksanaan rekonstruksi dengan maksud untuk mendapatkan kebenaran materiil dari peranan, kedudukan terhadap keterangan saksi, dan adanya barang bukti serta keterangan tersangka,” jelasnya.

Proses rekonstruksi sempat berlangsung tegang. Keluarga korban berupaya mengintimidasi tersangka. Namun, tersangka dapat segera diamankan dan diangkut kembali ke ruang tahanan usai menuntaskan semua adegan.

Perwira polisi Iptu I Nengah Sukartha (56), ditemukan meninggal dunia Rabu (14/11). Tersangka Made Subrata memukul korban dengan benda tumpul sebanyak lima kali di kepala.

Tersangka ditangkap di Jalan Raya Kekeri, Gunungsari, Lombok Barat. Pelaku, warga Karang Sampalan, Cakranegara Barat, Cakranegara itu tak berkutik ketika diberhentikan di jalan. Kala itu dia sedang berboncengan dengan kawannya.

Tersangka mendatangi korban pada Senin pagi sekitar pukul 08.00 Wita. Dia masuk melalui dapur. Korban kala itu sedang duduk di kursi. Pada saat bertemu korban sempat dimarahi sehingga sakit hati. Hal itu sementara yang menjadi motif pembunuhan. (why)