Pembukaan Rekrutmen CPNS dan PPPK Direncanakan Mei – Juni

Ilustrasi seleksi CPNS (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) segera akan membuka pendaftaran 1,3 juta formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021. Pembukaan rekrutmen CPNS dan PPPK rencananya dilakukan bulan Mei – Juni, setelah pendaftaran untuk sekolah kedinasan April mendatang.

‘’Memang Pak Tjahjo Kumolo (Menteri PANRB) sudah bilang begitu. Cuma, kita tetap tunggu juklak dan juknisnya,’’ kata Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB, H. Saiful Amri, S.H., dikonfirmasi Suara NTB, Minggu, 21 Maret 2021.

Iklan

Ia mengatakan, Pemerintah Pusat rencananya membuka rekrutmen sekolah dinas terlebih dahulu pada bulan April. Setelah itu, akan dilanjutkan dengan pembukaan rekrutmen CPNS dan PPPK.

‘’Pelamar perlu menyiapkan diri dari sekarang. Insya Allah tidak terlalu beda syaratnya dengan tahun kemarin,’’ ujarnya.

Amri menambahkan, Pemda provinsi dan kabupaten/kota masih menunggu juklak dan juknis rekrutmen CASN 2021. Termasuk jumlah kuota formasi yang diperoleh dari Kemen PANRB.

‘’Kita sudah usulkan 471 formasi CPNS dan 5.018 formasi PPPK. Itu belum turun kuotanya. Paling telat awal April sudah turun kuotanya,’’ katanya.

Pemerintah memberi kesempatan bagi putra-putri terbaik bangsa untuk menjadi abdi negara melalui rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2021.

Dikutip dari laman Kemen PANRB, Minggu, 21 Maret 2021, tahun ini, pemerintah membuka sekitar 1,3 juta formasi untuk pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Dari 1,3 juta formasi tersebut, jumlah kebutuhan untuk guru PPPK sebanyak satu juta formasi, untuk pemerintah pusat sebesar 83 ribu formasi, dan pemerintah daerah sebesar 189 ribu formasi.

Rekrutmen rencananya akan dimulai bulan April 2021. Sebelum itu, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) akan menetapkan formasi yang akan diumumkan dalam waktu dekat.

‘’Rekrutmen bagi CASN akan dimulai dengan pembukaan pendaftaran untuk sekolah kedinasan yang rencananya akan dimulai pada bulan April,’’ jelas Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Teguh Widjinarko.

Penerimaan CASN tahun 2021 akan diperuntukkan pegawai negeri sipil (PNS),  PPPK, serta sekolah kedinasan. Rekrutmen CASN akan diawali bagi sekolah kedinasan di bawah delapan instansi kementerian dan lembaga. Kedelapan instansi tersebut adalah Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perhubungan, Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Pusat Statistik (BPS), serta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Setelah itu dilanjutkan pembukaan pendaftaran guru PPPK, PPPK non guru, dan CPNS yang direncanakan pada bulan Mei atau Juni.

Bagi calon pelamar guru PPPK, akan diberikan kesempatan mengikuti tiga kali seleksi. Pertama direncanakan pada bulan Agustus, kedua pada bulan Oktober, dan ketiga akan dilaksanakan di bulan Desember.

Setelah proses seleksi dengan Computer Assisted Test (CAT), bagi yang lulus akan melanjutkan tahapan selanjutnya yakni pemberkasan hingga penetapan NIP oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). (nas)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional