Pembinaan di Dinas PUPR, Bupati Ajak ASN untuk Berkontribusi Membangun Daerah

Bupati Dompu, Kader Jaelani saat memberikan pembinaan pada jajaran Dinas PUPR, Dinas LH, dan Sat Pol PP Dompu di halaman kantor Dinas PUPR Dompu, Senin, 13 September 2021. (Suara NTB/ula)

Dompu (Suara NTB) – Bupati Dompu, Kader Jaelani mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Dompu untuk ikut berkontribusi membangun daerah. Bekerja tidak untuk mencari muka, tapi keikhlasan membangun daerah pasti akan diperhatikan pimpinan.

“Untuk mencapai kemajuan, memang harus semua bergerak. Tidak sekedar kami yang ada di depan, tapi seluruh elemen,” Bupati Dompu, Kader Jaelani saat memberikan pembinaan kepada ASN Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, dan Sat Pol PP Dompu di kantor Dinas PUPR Dompu, Senin, 13 September 2021.

Iklan

Kader Jaelani mengatakan, program kunjungan pembinaan pada masing – masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se Kabupaten Dompu dimaksudkan untuk saling memotivasi agar mau bersama bergerak membangun daerah. Perbedaan pilihan dan pandangan sebelumnya tidak perlu dipersalahkan, karena itu sebagai kodrat manusia.

“Harapan kedepan, kita semua mau berpikir untuk daerah kita untuk bumi Ngahi Rawi Pahu. Bukan untuk memperlihatkan kepada Bupati, wakil Bupati bahwa saya sudah berbuat. Tapi fokus kita berpikir, tanpa saya, daerah saya ndak akan bisa hebat. Semua (pihak), bukan satu dua orang saja,” ajaknya.

Bupati juga mengingatkan, dalam memilih pejabat sebagai penggerak birokrasi akan mengedepankan faktor moralitas. Ketika moralnya baik, maka dalam bekerja diyakini akan bertanggungjawab atas apa yang ditugaskan. Keterbatasan ilmu, akan paham seiring waktu.

“Yang utama itu moralitas dulu. Jadi tidak usah takut, tidak usah ragu, bekerjalah maksimal untuk daerah kita, bukan untuk kami berdua, tapi untuk Dompu,” ajaknya.

Bupati juga mengingatkan ASN soal vaksinasi yang capaiannya masih relatif kecil, apalagi masih banyak ASN yang belum mengikuti program vaksinasi. Program vaksinasi merupakan program nasional yang harus ditindaklanjuti oleh daerah dalam rangka menciptakan kekebalan kelompok dari virus Corona.

“Kita (ASN) harus menjadi garda terdepan, pelopor vaksinasi, sehingga tercipta kekebalan kelompok bagi kita Kabupaten Dompu, dan tidak merasa khawatir lagi,” harapnya.

Sebagai program nasional, kata Kader Jaelani, bisa saja pemerintah mensyaratkan capaian vaksinasi bagi daerah untuk pengalokasian dana transfer ke daerah. Sementara daerah selama ini masih sangat bergantung dari dana transfer untuk memenihi pembiayaan dan pembangunan di daerah.

“Berbagai isu soal vaksin itu tidak benar. Buktinya, kami dan kita semua yang sudah divaksin sehat – sehat saja. Yang terpenting itu, saat ditanya (skrening) harus dijawab dengan jujur kondisi kesehatannya,” ingatnya.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Dompu, Ir A. Muis, MSI sebelumnya dalam laporannya mengungkapkan, pihaknya selalu mengingatkan pada jajaran dinas PUPR untuk segera vaksin. Karena syarat terbentuknya kekebalan kelompok, minimal 70 persen kelompok itu sudah divaksin.

“Upaya yang luar biasa dari Bupati dan FKPD (mendorong vaksinasi), menjadikan kita jauh lebih nyaman dan sehat di daerah ini,” katanya.

Pada jajaran Dinas PUPR ada 137 orang PNS dan baru 71 orang yang sudah divaksin. Begitu juga dengan tenaga kontrak non ASN sebanyak 207 orang, yang baru divaksin 60an orang atau 30an persen. Bahkan saat pembinaan oleh Bupati bersama FKPD, sebanyak 25 orang pegawai Dinas PUPR Dompu langsung mengikuti program vaksinasi.

Ir A. Muis juga memberi apresiasi atas kekompakan Bupati, wakil Bupati bersam anggota FKPD Dompu yang mau turun bersama memberikan pembinaan di masing – masing SKPD. Termasuk mendorong percepatan realisasi vaksinasi Covid-19.

“Seumur saya menjadi ASN, baru kali ini Bupati, wakil Bupati, dan FKPD datang berbarengan. Ini harus kita tularkan dan menjadi contoh bagi kita untuk melaksanakan kegiatan – kegiatan. Tanpa harmoni kita sulita untuk mencapai tujuan,” katanya. (ula/*)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional