Pembayaran Retribusi Menara Optimis Terealisasi dengan Baik

I Nyoman Suwandiasa. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Target retribusi menara di Kota Mataram untuk periode 2021 mencapai Rp1 miliar. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram, I Nyoman Suwandiasa menyebut realisasi retribusi tersebut optimis bisa dicapai karena adanya regulasi daerah yang mengatur mekanisme sanksi.

“Kita yakin peyedia menara kita bonafide semua, tapai kalau mereka menunggak dengan adanya peraturan daerah (perda) sekarang ini mereka tidak akan mendapat perlindungan hukum,” ujar Nyoman, Minggu, 30 Mei 2021.

Iklan

Hal tersebut merujuk pada Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 41/2019 tentang Pengawasan dan Pengendalian Menara Telekomunikasi. Pada Pasal 23 Perwali tersebut diatur mekanisme sanksi berupa teguran, denda administrative, pembekuan dan/atau pencabutan izin; serta penindakan berupa penyegelan dan/atau pembongkaran bagi penyedia yang melanggar aturan yang ada, termasuk di dalamnya kepatuhan pembayaran retribusi.

“Jadi bisa saja ada pencabutan izin. Kita akan koordinasikan dengan OPD terkait, karena ini menyangkut IMB (izin mendirikan bangunan) juga. Sementara kami dari Diskominfo bisa merekomendasikan untuk pencabutan izin itu,” jelasnya.

Diterangkan, pada 2020 lalu retribusi menara di Kota Mataram hanya mencapai Rp700 juta dari target Rp1 miliar. Menurut Nyoman target tersebut belum dapat dipenuhi karena pada 2020 lalu belum ada perda tentang penyesuaian retribusi.

Berdasarkan catatan pihaknya, sampai dengan pertengahan 2021 memang belum ada penyedia menara yang melakukan pembayaran retribusi. Namun pembayaran memang biasa dilakukan mendekati akhir tahun.

“Jadi November-Desember biasanya mereka baru nge-gas,” jelasnya. Berdasarkan regulasi dari pemerintah, 269 penyedia menara di Kota Mataram harus membayar retribusi sebesar Rp.4.250.000,. “INi masih lebih kecil dibanding kabupaten/kota lain. Karena seperti di Lombok Timur dan Sumbawa itu bisa sampai Rp10 juta,” tandas Nyoman. (bay)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional