Pembayaran Lahan KEK Mandalika Tunggu Hasil Verifikasi

Mataram (suarantb.com) – Kemelut lahan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika masih terus bergulir. Pembayaran uang tali asih pun hingga saat ini belum bisa dibayarkan karena tengah menunggu hasil verifikasi. Demikian disampaikan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda NTB, H. Lalu Gita Aryadi, Selasa, 20 Desember 2016.

“Pembayaran masih belum, karena masih dalam tahap verifikasi. Tapi ITDC memang sedang bersiap-siap melakukan pembayaran,” ujarnya.

Iklan

Terkait dengan proses verifikasi warga pemilik lahan sengketa tersebut, Gita menyatakan gubernur telah memberikan surat tugas kepada Bupati Lombok Tengah selaku koordinator lapangan.

“Bapak Gubernur sudah membuat surat tugas kepada Bupati Lombok Tengah selaku koordinator lapangan untuk memverifikasi masyarakat-masyarakat yang mengklaim melakukan pengolahan pada lahan-lahan negara itu,” katanya.

Hingga hari ini jumlah warga yang bersedia menerima uang tali asih disebutkan mencapai 90 persen. Diharapkan dengan metode pendekatan yang telah dilakukan dan kesadaran semua pihak yang terlibat masalah ini bisa segera terselesaikan.

Walaupun kendala perihal kepemilikan lahan masih belum terselesaikan, pembangunan fisik di wilayah KEK Mandalika terus dilakukan. Gita mengaku kegiatan pelelangan terus dilakukan. Baik pelelangan rencana maupun konstruksi.

“Dan mudah-mudahan 2017 sudah akan berproses. Dengan target 2018 seiring dengan purna tugas Pak Gubernur, mudah-mudahan bisa dilakukan grand launching,” harapnya. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here