Pembayaran Jaminan Sosial GTT Diupayakan Masuk APBD Perubahan

Hariadi. (Suara NTB/bay)

Mataram (Suara NTB) – Pengurusan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi guru tidak tetap (GTT) di Kota Mataram diharapkan berjalan lancar. Terutama agar anggaran yang dibutuhkan dapat diakomodir melalui penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah (ABPD) perubahan.

“Kita uruskan untuk yang PTT (Pegawai Tidak Tetap) dan GTT. Yang PTT ini sudah beres, tingal GTT ini kita masih menunggu. Mudah-mudahan bisa masuk, resmi jadi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Mataram, Hariadi saat dikonfirmasi, Senin, 26 Oktober 2020.

Iklan

Diterangkan, sampai saat ini pihaknya telah mengajukan sekitar 1.600 orang PTT lingkup Pemkot Mataram untuk mendapatkan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian yan difasilitasi BPJamsostek. Di mana anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp16 juta per bulan.

“Kalau yang GTT itu hanya 1.418 orang, per bulan (anggaran yang dibutuhkan) hanya Rp15 juta. Insya Allah bisa diakomodir, karena itu kebijakan Pak Wali juga supaya bisa dibayarkan jaminan sosialnya untuk yang ketenagakerjaan,” ujar Hariadi.

Menurutnya, pengurusan jaminan sosial tersebut sebelumnya ditargetkan selesai akhir Oktober mendatang. Namun melihat proses penganggaran yang belum selesai, maka pengurusan jaminan sosial bagi PTT dan GTT diakui masih membutuhkan waktu. “Tapi sekarang ini cuma masalah anggaran saja,” jelasnya.

Total PTT dan GTT yang diajukan sendiri disebutnya hampir mencapai 3.000 orang. Dengan anggaran sebesar Rp52 juta yang diambil dari APBD Kota Mataram, kepesertaan PTT dan GTT tersebut dalam BPJamsostek akan diakomodir untuk tiga bulan kedepan, yakni Oktober – Desember.

Selanjutnya, pembayaran iuran akan dikembalikan ke masing-masing OPD. “Tapi setelah pembayaran 12 bulan dia akan dapat keringanan, stimulusnya sampai 1 persen,” ujar Hariadi. Pihaknya berharap kepesertaan BPJamsostek tersebut dapat membantu PTT dan GTT di Kota Mataram mendapatkan jaminan keselamatan selama bekerja. (bay)