Pembayaran Aset Pemda KSB Dilunasi

Muhammad Yusuf. (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) menepati janjinya membayar seluruh aset pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sebelum tutup tahun 2020. Akhir pekan lalu, perusahaan operator tambang Batu Hijau itu menyelesaikan transfer dana pembebasan aset Pemda KSB yang masuk dalam lokasi rencana pembangunan pabrik smelternya tersebut.

“Selesai hari ini ditransfer semua oleh AMNT ke kita (KSB) untuk pembayaran aset yang kita lepas di lokasi smelter,” terang kepala Badan Pendapatan dan Aset Daerah (BPAD) KSB, Muhammad Yusuf, Rabu pekan lalu.

Adapun total dana yang ditransfer PTAMNT untuk membayar belasan aset Pemda KSB itu sebesar Rp. 15.271.931.000. Yusuf menjelaskan, ada belasan aset Pemda KSB yang masuk dalam lokasi areal pembangunan pabrik smelter PTAMNT. Dan nilai penjualannya itu ditetapkan melalui hasil penilaian tim apraisal independen. “Jadi itu bukan hasil penilaian kita ya. Bukan juga oleh AMNT,” cetusnya.

Masuknya dana penjualan aset di areal smelter PTAMNT itu. Dikatakan Yusuf membuat capaian target Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2020 tidak terlalu mengalami selisih secara signufikan. Berdasarkan catatannya, sebelum tutup buku tahun 2020, pendapatan dari PAD sudah mencapai 93,5 persen dari target Rp 132 miliar lebih. “Masuknya pembayaran aset kita dari AMNT itu posisi penerimaan kita berada di Rp 118 miliar. Jadi gap-nya tidak terlalu jauh dari target,” klaimnya.

“Jadi untuk membayar program-program akhir tahun yang sempat ditunda kami sudah minta kepada BPKD (badan pengelola keuangan daerah) untuk dibayarkan seluruhnya. Karena kami kira, posisi keuangan kita sekarang mencukupi,” sambung Yusuf. (bug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here