Pembatasan Masuk Sembalun, Jangan Disalahartikan

Ilustrasi pemeriksaan di Sembalun (Suara NTB/dok)

Selong (Suara NTB) – Adanya kebijakan Pemkab Lombok Timur (Lotim) mengawasi pembatasan masuk objek wisata Sembalun diminta tidak disalahartikan. Para pelaku wisata di Lotim maupun masyarakat di Luar Lotim diharap tidak salah mengerti akan kebijakan tersebut.

‘’Tujuan adanya kebijakan tersebut semata melindungi masyarakat dan pengunjung. Tidak saja dari bahaya Corona Virus Disease (Covid), tapi keselamatan lalu lintas memasuki kawasan wisata,’’ terang Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri (Bakesbangpoldagri) Lotim Salmun Rahman kepada Suara NTB, Rabu, 8 Juli 2020.

Iklan

Secara prinsip, kata Salmun tidak ada tujuan untuk melarang orang datang ke Lotim. Termasuk mendatangi Sembalun. Sebaliknya, semua orang darimana saja dipersilakan datangi Sembalun. Hanya saja, di masa pandemi Covid ini, diperlukan pembatasan orang untuk berkerumun di satu lokasi. Seperti kejadian di Pusuk yang sempat viral beberapa waktu lalu.

Masa pandemi Covid-19, masyarakat diminta tetap waspada. Pandemi Covid belum berakhir. Kegiatan berwisata pun diharapkan tetap menjalankan protokol kesehatan. Tidak saja memakai masker. Tapi juga, harus jaga jarak satu dengan yang lain minimal 1-2 meter.

Semua berharap, Covid segera berakhir agar bisa cepat berakhir, dibutuhkan kedisiplinan semua pihak dalam menjalankan protokol kesehatan. “Kalau tidak ada kontrol, maka akan bahaya,” imbuhnya.

Salmun Rahman kembali menegaskan, tidak ada larangan orang berkunjung ke Sembalun. Memang sempat pada pekan pertama, daerah yang terkonfirmasi positif paling banyak itu dibatasi. “Bukan dilarang sama sekali,” tegasnya lagi. Di mana, bagi pihak yang untuk kunjungan kerja dan memenuhi undangan keluarga dipersilakan.

Pihaknya juga mengklarifikasi terkait pemeriksaan buku nikah ketika memasuki salah satu objek wisata Sembalun. Menurutnya, jika sudah jelas identitas pengunjung, maka tidaklah terlalu dipermasalahkan. (rus)

  43 Perusahaan Dipastikan Ramaikan ‘’Job Fair’’ Lotim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here